1. Beauty
  2. 7 Kandungan Skincare Ini Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Eksim
Beauty

7 Kandungan Skincare Ini Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Eksim

7 Kandungan Skincare Ini Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Eksim

Ilustrasi Eksim. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, eksim merupakan suatu gejala masalah kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan, gatal maupun kasar dikarenakan kulit mengalami inflamasi atau peradangan. Umumnya gejala eksim ini sering kali dijumpai oleh anak-anak, namun gejala ini pula dapat terjadi pada segala usia. Masalah eksim dapat pula disebabkan oleh faktor genetik, paparan sinar matahari, stres maupun kandungan skincare yang salah atau tidak cocok dengan kondisi kulitmu. Nah, bagi kamu penderita eksim ada beberapa kandungan skincare yang dapat memicu gejala eksimmu semakin parah dan harus kamu hindari, berikut diantaranya.

Kandungan Pewangi

Kandungan Pewangi. (Freepik)

Kandungan pewangi dalam produk skincare dapat memperparah penderita kulit eksim, pasalnya bahan wewangian dalam skincare ini dapat membuat alergi serta membuat penderitanya mengalami iritasi kulit. Oleh sebab itu sebaiknya kamu beralih ke produk skincare dengan fragrance free ataupun skincare berbahan organik dan alami yang aman digunakan bagi kulitmu.

Alpha-hydroxy acids

Alpha-hydroxy acids. (Creative Market)

Ladies, kandungan skincare selanjutnya yang dapat kamu hindari bagi kamu penderita eksim ialah kandungan Alpha-hydroxy acids (AHA). Kandungan ini dapat membuat kulitmu menjadi iritasi hingga lebih kering. Untuk menghindari kandungan ini kamu pun dapat beralih dengan skincare berbahan lactic acid yang dapat melembapkan serta menghidrasi kulit, tentunya aman bagi kulit eksim.

Methylparaben

Methylparaben. (Freepik)

Ladies, biasanya skincare memiliki bahan kandungan pengawet aktif yang diformulasikan bagi kulit. Namun, bagi kamu penderita masalah eksim sebaiknya dapat menghindari kandungan pengawet dalam skincare seperti methylparaben karena dapat menimbulkan peradangan bagi kulitmu seperti kulit menjadi muncul kemerahan hingga terasa panas maupun gatal. Nah, lebih baik kamu dapat menggunakan skincare dengan bahan alami bebas pengawet seperti fruit extract karena dapat menenangkan, menutrisi kulit serta tidak membuat kulit mengalami masalah iritasi yang berlebih.

Retinol dan Salicylic Acid

Retinol dan Salicylic Acid. (Creative Market)

Ladies, tentu kamu sudah tidak asing mendengar bahan yang terkandung dalam produk skincare yakni retinol dan salicylic acid. Yup, kandungan dalam skincare ini ternyata tak hanya menjadikan kulit cerah, namun dapat berdampak buruk bagi penderita eksim karena bahan kandungan ini dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi. Hal ini pula dapat dipengaruhi oleh kondisi skin barrier yang lemah sehingga dapat memperburuk kondisi kulitmu.

Essential Oil

Essential Oil. (Freepik)

Ladies, ternyata kandungan essential oil yang terdapat dalam produk skincare ini tak hanya memberikan dampak positif bagi kulit tertentu namun dapat memberikan pengaruh buruk bagi penderita eksim. Hal ini dikarenakan kandungan parfum atau aroma wewangian dalam essential oil ini dapat membuat kulit mengalami alergi seperti dengan kandungan pewangi sintesis. Walaupun dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan kulit, sebaiknya essential oil ini dapat dihindari bagi penderita eksim untuk mencegah munculnya ruam, gatal hingga alergi.

Lanolin

Lanolin. (Freepik)

Lanolin merupakan bahan kandungan skincare yang berasal dari wol domba ini memang dikenal memiliki sifat yang baik. Akan tetapi, bagi penderita eksim justru dapat mengalami alergi setelah menggunakan produk yang mengandung lanolin, kandungan yang dapat melembapkan kulit ini justru dapat membuat kondisi eksim semakin parah dan menyebar.

Etanol

Etanol. (ShineSheets)

Kandungan etanol atau alkohol juga paling banyak ditemukan dalam produk skincare, bagi penderita eksim kandungan ini sebaiknya dapat kamu hindari. Kandungan alkohol justru dapat membuat kulit semakin parah seperti kulit terbakar, kering hingga iritasi parah.

Nah, Ladies itulah ke tujuh kandungan dalam skincare yang sebaiknya dapat dihindari bagi penderita eksim, semoga bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel