1. Lifestyle
  2. 7 Jenis Tanaman Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur Lebih Nyenyak
Lifestyle

7 Jenis Tanaman Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur Lebih Nyenyak

7 Jenis Tanaman Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Tanaman. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Masalah susah tidur memang kerap dialami oleh seseorang, tak hanya beban pikiran pola hidup yang kurang sehat dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang bahkan membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Nah, untuk mengatasi masalah sulit tidur, jangan langsung buru-buru mengonsumsi atau pil obat tidur, Ladies.

Kamu pun bisa melakukan terapi tidur secara alami dengan meletakkan tanaman tertentu didalam ruang kamar tidurmu, lho. Berikut ini tujuh jenis tanaman yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu menjadi lebih nyenyak. Simak yuk!

Lavender

Lavender. (Freepik.com)

 

Bunga lavender tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan aromaterapi ataupun kecantikan alami bagi tubuh. Aroma yang dihasilkan dari bunga lavender ini dapat membantu kualitas tidur dan juga memperbaiki mood, lho. Aroma bunga lavender dipercaya ampuh untuk membantu menurunkan tingkat stres, membantu menenangkan jantung serta dapat membantu meningkatkan rasa kantuk sekaligus membantu menenangkan pikiran.

Gardenia

Gardenia. (Creativemarket.com)

 

Bunga gardenia juga menjadi salah satu bunga yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu seseorang yang mengalami masalah sulit tidur. Diketahui jika bunga ini memiliki kandungan efek yang setara dengan Valium untuk menenangkan pikiran serta menjadikan seseorang dapat tidur lebih cepat. Apabila kamu memiliki masalah insomnia, kamu pun dapat menaruh tanaman gardenia di ruang tidurmu, Ladies.

Melati

Melati. (Freepik.com)

 

Yup, bunga yang satu ini memiliki aroma wewangian yang khas. Bunga ini memiliki aroma yang lembut bahkan mencium aroma melati dapat memberikan rasa menenangkan, selain itu mencium aroma melati juga dapat mengurangi rasa kecemasan, lho. Melati pun sering dijadikan wewangian aromaterapi yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat membuat tidurmu menjadi lebih lelap dan nyenyak. Tak hanya itu, saat kamu bangun dari tidur tubuhmu terasa rileks dan mood mu menjadi lebih berwarna.

English Ivy

English Ivy. (Livelyroot.com)

 

Ladies, tanaman english ivy juga dapat dimanfaatkan sebagai air purifier alami, lho. English ivy ini juga memiliki kemampuan untuk mengatur udara atau suhu ruangan serta dapat membasmi jamur dalam waktu 12 jam. Menanam tanaman english ivy baik didalam maupun diluar ruangan dapat membantu menjaga kualitas udara, membuat suhu ruangan menjadi segar serta membantu meningkatkan sistem pernapasan sehingga menjadikan tidurmu lebih nyenyak dan tenang.

Lidah Buaya

Lidah Buaya. (Freepik.com)

 

Tanaman yang banyak digunakan sebagai bahan kecantikan ini tak hanya cocok dijadikan produk alami dalam pembuatan skincare saja namun dapat pula digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tidurmu, lho. Lidah buaya sendiri diketahui dapat memproduksi kadar oksigen sehingga dapat membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh hingga otak. Kadar oksigen yang baik ini dapat membuat pikiran menjadi tenang, meningkatkan kualitas tidur dan tanaman ini pun tidak membutuhkan perawatan yang ekstra.

Peace Lily

Peace Lily. (Etsy.com)

 

Tanaman peace lily ini tidak hanya cantik untuk di tanam namun juga dapat membantu memperbaiki kualitas dan kadar udara baik didalam maupun diluar ruangan. Bahkan tanaman peace lily ini baik disimpan didalam kamar tidur untuk membantu menghilangkan racun dari lingkungan tertutup dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Sirih Gading

Sirih Gading. (Etsy.com)

 

Tanaman selanjutnya yakni sirih gading, tanaman ini juga dapat membantu menghilangkan racun atau polusi udara seperti formaldehida dan benzena sehingga tanaman sirih gading ini sangat cocok sebagai tanaman terapi untuk memperbaiki kondisi dan kualitas tidur bagi seseorang yang mengalami insomnia atau masalah sulit tidur.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel