7 Hal yang Wajib Didiskusikan dengan Pasangan Sebelum Putuskan Menikah

Kamis, 25 Januari 2024 | 18:03:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

7 Hal Yang Wajib Didiskusikan Dengan Pasangan Sebelum Putuskan Menikah

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Pernikahan merupakan sebuah hubungan yang sakral, tiap orang tentunya ingin menjalani sekali pernikahan dalam hidupnya. Namun tak dapat dipungkiri, dalam membina rumah tangga ada saja konflik yang membuat pasangan jadi berselisih paham.

Karenanya, sebelum memutuskan melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, ada banyak hal yang perlu didiskusikan bersama pasangan. Tujuannya untuk menyatukan visi dan misi agar kelak bisa menjalani rumah tangga dengan harmonis.

Melansir Brides, berikut 7 hal yang harus didiskusikan bersama pasangan sebelum memutuskan menikah.

Finansial

Ilustrasi Finansial. (Freepik.com)

 

Hal pertama dan yang terpenting adalah urusan finansial. Uang bisa menjadi sumber utama permasalahan dalam hubungan rumah tangga, jadi memiliki pikiran yang sama soal finansial adalah hal yang penting

Cara menanyakan pandangan pasangan soal finansial bukanlah dengan menanyakan jumlah penghasilan, namun lihatlah bagaimana pasangan memandang dan mengelola keuangannya.

Hubungan Seksual

Ilustrasi Hubungan Seksual. (Freepik.com)

Pasangan bisa saja memiliki pandangan berbeda tentang seberapa sering berhubungan seks harus dilakukan dalam pernikahan, diskusikanlah soal ekspektasi dan harapan apa yang diinginkan dalam berhubungan seksual.

Keturunan

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. (Freepik.com)

 

Tak semua pasangan mendiskusikan soal anak sebelum menikah, padahal hal ini sangatlah krusial dalam hubungan pernikahan. Tanyakan kepada pasangan apakah ia menginginkan anak, dan berapa jumlahnya.

Lebih lanjut, tanyakanlah hal-hal di luar kendalimu seperti kemungkinan perjuangan lebih untuk mendapatkan anak. Karena tak sedikit hubungan rumah tangga yang berakhir dengan alasan sulit memiliki keturunan.

Pola Asuh Anak

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Sama pentingnya dengan poin sebelumnya, pola asuh anak juga menjadi hal penting yang harus didiskusikan dengan serius. Tanyakanlah bagaimana rencananya dalam mengurus dan membesarkan anak.

Gaya Komunikasi

Ilustrasi Gaya Komunikasi. (Freepik.com)

 

Tak jarang banyak orang yang mengatakan bahwa komunikasi itu sangatlah penting dalam sebuah hubungan. Untuk itu, memiliki gaya komunikasi yang sama antar pasangan bisa menimbulkan cara berkomunikasi yang sehat.

Diskusikanlah pada pasangan soal gaya komunikasi yang membuatnya nyaman, tapi juga tidak membuatnya merasa tertekan.

Me Time

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

 

Setiap orang tentunya membutuhkan waktu untuk menyendiri, termasuk pasangan. Bicarakanlah dengan baik mengenai me time yang diinginkan dalam waktu tertentu agar kelak tidak terjadi perselisihan.

Menetapkan bahwa masing-masing pasangan membutuhkan waktu me time bukan hanya akan memperkuat hubungan, tapi juga mencegah adanya kebingungan di masa depan.

Arti Pernikahan

Ilustrasi Acara Pernikahan. (Freepik.com)

 

Tiap orang bisa saja memiliki pemahaman yang berbeda soal pernikahan, dan pernikahan yang diimpikan. Membicarakan ekspektasi soal pernikahan, dapat membantu memastikan bahwa tidak ada satupun pasangan yang kebutuhan dan ekspektasinya tidak terpenuhi.

Mendiskusikan hal ini merupakan langkah penting dalam menentukan apakah seseorang memiliki pemikiran yang sama tentang masa depan atau tidak, hal ini juga dilakukan untuk mencegah perselisihan atau pertengkaran di masa yang akan datang.