7 Fakta Menarik Makna di Balik Warna Bunga Mawar

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Fakta Menarik Makna Di Balik Warna Bunga Mawar

Ilustrasi wanita memegan bunga mawar . (special)

Ladiestory.id - Mawar merupakan salah satu bunga paling populer, yang kerap dijadikan hadiah untuk seseorang yang sangat berarti bagi kita. Setiap bunga memiliki makna tersendiri, hal tersebut berlaku juga dengan bunga mawar.

Makna Bunga Mawar Sesuai Warnanya

Bunga mawar mempunyai beragam warna, dan di setiap warna mengandung makna berbeda-beda. Nah, agar Kamu tidak salah dalam memberikan bunga mawar, simak terus berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bunga Mawar Merah

mawar
Ilustrasi mawar merah. (special)

 

Bunga Mawar Merah (Rosa centifolia) menjadi yang paling populer dan sering ditemukan. Mawar merah mempunyai arti cinta, pengabdian dan juga kehormatan. Mawar merah bisa mewakilkan perasaan seseorang yang memberikannya  secara tidak langsung mengatakan bahwa Kamu mencintainya. Jadi untuk Kamu yang sulit merangkai kata dalam menyatakan cinta, Kamu bisa menggunakan bunga mawar merah untuk mewakilkan perasaanmu.

2. Bunga Mawar Putih

mawar
Ilustrasi mawar putih. (special)

 

Pada umumnya warna putih mempunyai makna kesucian, kemurnian dan kedamaian. Bunga mawar putih (Rosa Alba) bisa menjadi lambang cinta sejati. Biasanya mawar putih digunakan pria untuk melamar wanita sebagai simbol melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius, misalnya pertunangan atau pernikahan. Namun, mawar putih juga sering digunakan pada acara dukacita sebagai lambang simpati.

3. Bunga Mawar Merah Muda

mawar
Ilustrasi mawar merah muda. (spesial)

 

Mawar merah mudah atau mawar pink (Rosa Felicia) tidak kalah cantik dari mawar merah. Mawar merah muda melambangkan kelembutan kasih atau berseminya cinta. Mawar merah muda sangat cocok diberikan ketika Kamu baru saja jadian atau pacaran. Memiliki warna yang  identik dengan kelembutan cintanya, mawar merah muda kerap dijadikan dekorasi pernikahan.

4. Bunga Mawar Kuning

mawar
Ilustrasi mawar kuning. (special)

 

Mawar Kuning  (Rosa Foetida Perciana) selalu identik dengan keceriaan, dan kegembiraan. Mawar kuning biasanya diberikan kepada teman, sahabat atau seseorang yang selama ini peduli kepada kita. Mawar kuning melambangkan keceriaan dan kegembiraan dalam hubungan persahabatan yang Kamu jalin.

5. Bunga Mawar Hitam

mawar
Ilustrasi mawar hitam. (special)

 

Mawar Hitam (Ningrum Rosis)sering dijadikan lambang dukacita atau kematian. Namun, beberapa orang ada yang meyukainya karena mempunyai kesan yang misterius. Selain dikaitkan dengan acara pemakaman mawar hitam juga mengandung makna yang positif yaitu kebangkitan atau sesuatu yang baru. Mawar Hitam juga dapat memberikan rasa percaya diri karena hal yang baru tentunya akan membawa harapan yang baru juga.

6. Bunga Mawar Orange

mawar
Ilustrasi mawar oranye. (Spesial)

 

Oranye adalah hasil campuran dari warna merah dan kuning, bunga mawar oranye sering bermakna sesuatu yang energik, penuh antusias, dan selalu bergairah (passion). Mawar oranye juga melambangkan cinta serta semangat. Kamu bisa memberikan bunga mawar orange ke sahabatmu sebagai tanda terima kasih atas kenangan serta waktu yang kalian lewati bersama selama ini.

Kamu juga bisa meletakkan mawar oranye di kamar untuk menambah energi dalam diri. Mawar oranye juga bisa digunakan untuk menyatakan rasa bangga dan bahagia atas keberhasilan seseorang.

7. Bunga Mawar Peach

mawar
Ilustrasi mawar peach. (special)

 

Bunga mawar peach sekilas terlihat seperti oranye. Namun mawar berwarna peach mempunyai shade yang lebih muda dan cenderung lebih kalem. Mawar peach kerap diartikan dengan ketulusan, kerendahan hati, rasa syukur, setia dan persahabatan. Kamu bisa memberikan bunga mawar peach kepada sahabat atau pasangan untuk menunjukkan rasa simpati. Bunga mawar peach menjadi bunga serbaguna dan cocok diberikan dalam berbagai suasana kecuali suasana duka, ya.