1. Health
  2. 7 Cara Mengatasi Perut Buncit dalam Seminggu!
Health

7 Cara Mengatasi Perut Buncit dalam Seminggu!

7 Cara Mengatasi Perut Buncit dalam Seminggu!

Ilustrasi perut buncit. (Spesial)

Ladiestory.id - Banyak orang yang memiliki masalah perut buncit. Tentunya hal ini sangat mengganggu penampilan. Banyak yang menginginkan untuk mendapatkan perut yang rata atau bahkan memiliki sixpack.

Tak hanya itu, perut buncit juga berbahaya bagi kesehatan. Dilansir dari Healthline, ada dua jenis lemak tubuh yang utama, yakni lemak viseral dan subkutan. Viseral mengacu pada lemak yang mengelilingi hati dan organ lainnya di perut.

Memiliki kadar lemak viseral yang tinggi berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kronis, seperti sindrom metabolik, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.  Mengecilkan perut buncit karena timbunan lemak viseral memang sulit dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit.

7 Cara Mengatasi Perut Buncit dalam Seminggu!

Cara mengecilkan perut yang alami tidak harus diet secara berlebihan. Kamu hanya perlu mengubah kebiasaan sehari-hari untuk mendapatkan perut rata hanya dalam tujuh hari.

1. Mengonsumsi Makanan Rendah Kalori

Salah satu cara mengecilkan perut buncit yang paling efektif adalah makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh. Strategi ini sebetulnya ditujukan untuk menghilangkan lemak tubuh secara keseluruhan. 

Dengan menghilangkan lemak tubuh, kita juga bisa mengupayakan hilangnnya lemak perut. Makan lebih sedikit kalori daripada yang digunakan tubuh membuat kita menciptakan defisit kalori.

Defisit kalori membantu membakar lemak viseral dan subkutan berlebih. Pilihlah makanan padat nutrisi. Artinya, memiliki kalori rendah tetapi mengandung nutrisi berlimpah. Beberapa contoh makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum utuh. 

Cara mengolah makanan juga menentukan jumlah kalori yang kita asup. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dengan banyak minyak dan pilihlah opsi pengolahan makanan yang lebih sehat, seperti dipanggang atau direbus.

2. Kunyah Makanan Pelan-Pelan

Otak membutuhkan waktu untuk memproses bahwa kamu sudah cukup makan. Mengunyah makanan secara menyeluruh dan pelan-pelan juga akan membuat kamu makan lebih lambat.

Hal ini dikaitkan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil. Seberapa cepat kamu menyelesaikan makanan juga dapat memengaruhi berat badan.

3. Hindari Sembelit

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan menghindari diri dari serangan sembelit. Terlalu sedikit asupan serat, cairan, dan aktivitas fisik dapat menyebabkan terserang sembelit, yang dapat menyebabkan perut kembung.

Untuk menghindarinya, konsumsilah makanan tinggi serat (25 gram per hari untuk wanita dan 38 untuk pria) mulai dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, polong-polongan, dan kacang-kacangan. Juga, minumlah banyak cairan (targetkan 6-8 gelas sehari) dan targetkan aktivitas fisik setidaknya 30 menit dalam lima kali seminggu.

Jika terbiasa makan makanan rendah serat, naikkan tingkat serat secara bertahap. Pastikan juga meminum banyak cairan untuk penyeimbang.

4. Lakukan Olahraga Kardio

Selain mencukupi kebutuhan serat, kamu juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga kardio. Jika dilakukan secara rutin, olahraga kardio dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang sangat efektif, karena dapat membantu membakar lemak di daerah perut.

Disarankan untuk melakukannya selama 300 menit dalam seminggu. Padukan juga dengan jenis olahraga lain, seperti latihan dengan beban, guna mempercepat pembakaran lemak perut.

5. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Lagi-lagi, tidur memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk sebagai tips mengecilkan perut. Penelitian dari jurnal Metabolism melaporkan bahwa kurang tidur memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Hal ini dapat membuat kamu merasa lebih lapar.

Para peneliti juga mencatat bahwa dengan meningkatkan durasi dan kualitas tidur dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini pun berlaku ketika ingin membakar lemak viseral di perut.

6. Atur Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan Mentah

Cara mengatasi perut buncit tidak mengonsumsi terlalu banyak sayuran dan buah-buahan mentah dalam sekali makan. Lebih baik memakannya dalam porsi kecil-kecil yang dilakukan secara berkala dalam satu hari untuk mencegah lingkar perut melebar.

7. Pengelolaan Stres

Poin satu ini mungkin kerap diabaikan, padahal stres bisa memicu peningkatan nafsu makan dan penurunan kualitas tidur sehingga dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga tingkat stress dengan melakukan hal-hal menyenangkan dan tentunya berilah waktu tidur untuk pikiran dan badan kamu setidaknya 7 jam setiap malam

Inilah 7 cara mengatasi perut buncit. Butuh konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel