1. Lifestyle
  2. 6 Tips Puasa Hemat untuk Anak Kos yang Tak Pulang ke Rumah
Lifestyle

6 Tips Puasa Hemat untuk Anak Kos yang Tak Pulang ke Rumah

6 Tips Puasa Hemat untuk Anak Kos yang Tak Pulang ke Rumah

Ilustrasi Hemat Berpuasa untuk Anak Kos. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, bulan Ramadan sudah tiba! Tahun ini pun sudah sangat berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Jika tahun sebelumnya terkendala pandemi, maka tahun ini pun banyak anak rantau bisa pulang ke daerah asalnya untuk menjalankan ibadah puasa bersama keluarga.

Tetapi, ada pula anak rantau yang memilih untuk tinggal di kos dan tidak pulang ke kampung halaman dengan alasan tertentu.

Kamu pun tidak perlu sedih dan khawatir! Di bulan Ramadan ini, kamu bisa melakukan enam tips puasa hemat walaupun tidak memilih pulang ke kampung halaman. Simak yuk!

Siapkan Stok Makanan Instan

Ilustrasi stok makanan instan. (Special)

 

Ladies, kebanyakan anak kos memilih menyediakan stok makanan instan untuk menu simpel dan praktis ketika berpuasa. Jika di rumah sendiri sudah disediakan oleh ibu tercinta, saatnya anak kos berkreasi dengan menu andalannya ini. Eits, tetapi jangan selalu biasakan mengonsumsi mie instan, Ladies.

Kamu juga bisa menyediakan stok makanan instan lainnya seperti sereal, oatmeal, granola hingga buah-buahan. Memang makanan instan ini mudah dan praktis, akan tetapi harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya selama menjalani ibadah puasa.

Buat Menu Selama Sebulan

Ilustrasi perempuan membuat list menu makanan. (Special)

 

Ingin menerapkan pola hidup yang hemat dan terencana, maka tidak ada salahnya jika kamu bisa membuat daftar menu selama sebulan berpuasa. Kamu bisa membuat menu sahur dan menu berbuka puasa supaya menu harianmu bisa bervariatif dan tidak membosankan.

Kamu bisa sesuaikan dengan bujet keuanganmu ataupun dengan meal plan yang murah, mudah didapatkan dan sesuai dengan menu favoritmu. Dengan demikian kamu pun tidak akan bingung untuk membuat menu masakan harian dan tidak mudah tergoda untuk belanja berlebihan.

Berburu Takjil Gratis

Ilustrasi mencari takjil. (Special)

 

Nah, biasanya banyak orang yang membagikan takjil atau jajanan saat berbuka puasa disekitaran lampu merah bahkan masjid-masjid. Saat kamu pergi ngabuburit bersama teman-teman tidak ada salahnya jika kamu berburu takjil gratis untuk menu berbuka puasamu, dengan begitu kamu pun tidak perlu membeli takjil dan bisa berhemat. 

Masak Bersama Teman Kos

Ilustrasi memasak di kosan. (Special)

 

Ladies, walaupun kamu tidak bisa pulang ke kampung halaman, daripada kamu merasa sepi dan sendirian di kosan, kamu bisa mengajak teman kosmu untuk patungan berbelanja bersama dan memasak bersama untuk menu berbuka puasa nantinya.

Cara ini pun dapat membantu menghemat pengeluaranmu, lho. Selain seru, masak dan makan bersama teman di kosan pun akan lebih terasa kebersamaannya, bahkan kamu pun bisa merasakan momen berbuka puasa di rumah bersama dengan teman-temanmu.

Kurangi Membeli Makanan di Luar

Ilustrasi hilang nafsu makan. (Special)

 Ladies, hal yang satu ini juga harus kamu perhatikan karena tanpa kamu sadari sering membeli makanan diluar atau sering berbuka puasa di luar pun dapat membuat pengeluaranmu menjadi anjlok.

Biasanya akan ada banyak tawaran untuk bukber bersama teman reuni, teman kampus maupun dengan teman sepermainanmu yang lain, sebaiknya kamu bisa memilah-milah dan membuat daftar prioritas untuk memenuhi tawaran yang ingin kamu datangi.

Jangan memaksakan diri apabila keuanganmu terbatas karena hal ini bisa menjadi beban bagi dirimu.

Utamakan Kebutuhan

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

 

Ladies, tips hemat selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah utamakan kebutuhanmu dan pertimbangkan kembali daftar belanja yang tidak benar-benar kamu butuhkan. Walaupun kamu harus hidup mandiri dan jauh dari orang tua, maka kamu pun bisa melatih keuangan sejak dini agar kebutuhan saat puasamu dapat terpenuhi selama sebulan penuh.

Jangan sampai kamu merasa kekurangan dan membeli kebutuhan yang tidak perlu, hal ini justru akan membuatmu semakin boros dan tidak bisa berhemat dalam jangka waktu panjang. Kamu bisa memenuhi kebutuhan darurat atau kebutuhan mendesak untuk mendisiplinkan dirimu dalam berbelanja.

Semoga bermanfaat!Ladies, bulan Ramadan sudah tiba! Tahun ini pun sudah sangat berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Jika tahun sebelumnya terkendala pandemi, maka tahun ini pun banyak anak rantau bisa pulang ke daerah asalnya untuk menjalankan ibadah puasa bersama keluarga.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel