1. Lifestyle
  2. 6 Tips Atasi Masalah Susah Tidur Akibat Minum Kopi
Lifestyle

6 Tips Atasi Masalah Susah Tidur Akibat Minum Kopi

6 Tips Atasi Masalah Susah Tidur Akibat Minum Kopi

Ilustrasi Insomnia. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Ladies, bagi kamu yang hobi mengonsumsi kafein terutama kopi supaya stamina dan pikiran tetap terjaga dan membantumu begadang dalam bekerja sebaiknya kamu dapat mengurangi intensitas mengonsumsi kopi supaya tidak mengalami masalah susah tidur. Adupan kopi yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang dapat merugikan tubuhmu, lho.

Kopi dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang bahkan menyebabkan insomnia karena kopi mengandung 40 mg kafein. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu tidak mengonsumsi kopi lebih dari 1,1 mg/pon berat badan setiap harinya.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah susah tidur akibat minum kopi, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan enam  tips berikut ini, lho. Simak yuk!

Minum Air Mineral

Ilustrasi minum air mineral. (Special)

 

Ladies, jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur diakibatkan minum kopi kamu tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air putih. Walaupun cara ini tidak dapat menghilangkan kafein secara ampuh , tetapi dengan minum air putih dapat membantumu untuk mengeluarkan kafein dalam tubuh melalui saluran kemih atau dengan cara buang air kecil. Kamu bisa mengonsumsi air putih sebanyak dua gelas agar kafein dalam tubuhmu hilang secara perlahan.

Minum Susu Hangat

Ilustrasi minum susu. (Special)

 

Ladies, selain minum air putih, tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan minum segelas susu hangat. Tanpa disadari saat meminum segelas susu hangat ini akan menimbulkan rasa kantuk , hal ini dikarenakan susu hangat mengandung triptofan yang merupakan sejenis protein yang dapat membantu mengubah hormon serotonin dan juga melatonin.

Melakukan Gerakan Ringan

Ilustrasi peregangan tubuh. (Special)

 

Ladies, selain tips diatas kamu pun bisa mencoba melakukan berbagai gerakan-gerakan ringan untuk mencegah masalah susah tidur akibat mengonsumsi kopi. Kamu bisa melakukan peregangan otot, push up ataupun melakukan squat.

Menyalakan Aromaterapi

Ilustrasi Lilin Aromaterapi. (Special)

 

Tips selanjutnya untuk mengatasi masalah susah tidur ialah dengan menyalakan aromaterapi  atau air humidifier didalam kamar tidurmu. Selain memberikan aroma yang menenangkan dan membuat tubuh menjadi rileks, cara ini pun dapat membuat perubahan pada suasana mood mu serta membuatmu perlahan mengantuk. Selain itu, jika kamu mulai merasa mengantuk maka abaikan pula untuk memainkan handphone, laptop atau menyalakan alat elektronik lainnya, sebab cahaya yang datang dari layar gawai tersebut akan membuat tidurmu menjadi terjaga.

Musik Terapi

Ilustrasi Mendengarkan Musik (Pinterest.com)

 

Nah, Ladies selain menyalakan wewangian aromaterapi kamu pun bisa mengatasi masalah susah tidur akibat mengonsumsi kopi dengan mendengarkan musik terapi yang menenangkan serta membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Mendengarkan musik-musik yang menenangkan seperti suara-suara alam atau ritme musik yang easy listening akan membantu menenangkan pikiranmu dan membuatmu terlelap tidur.

Matikan Lampu Kamar Tidur

Ilustrasi Kamar Tidur Nyaman (Pinterest.com)

 

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur ialah dengan meredupkan atau mematikan lampu kamar tidurmu. Kondisi ruangan kamar yang redup dapat membantu meningkatkan rasa kantuk dan membantumu untuk memejamkan mata. Hal ini dikarenakan kondisi ruangan yang redup dan gelap serta bebas dari cahaya dapat merangsang tubuh memproduksi hormon melatonin yang dapat menciptakan rasa kantuk dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel