1. Lifestyle
  2. 6 Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Cocok untuk Diet, Wajib Coba!
Lifestyle

6 Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Cocok untuk Diet, Wajib Coba!

6 Menu Berbuka Puasa Sederhana yang Cocok untuk Diet, Wajib Coba!

Ilustrasi menu buka puasa. (Special)

Ladiestory.id - Puasa Ramadan merupakan  momen yang spesial bagi umat Muslim. Bahkan, momen ini juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang meraih berat badan ideal. Salah satu caranya dengan menyusun menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet.

Sehingga, dengan cara ini kamu tak perlu khawatir terjadi penambahan berat badan. Selain itu, menu makanan pun menjadi bervariasi dan penuh gizi. Nah, kira-kira apa saja ya menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet dan wajib dicoba? Yuk, simak enam daftarnya berikut ini. 

Teh serta 3 Buah Kurma

Ilustrasi teh dan kurma. (Special)

Menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet di urutan pertama ada teh dan 3 buah kurma. Makanan ini bisa langsung kamu santap usai adzan berkumandang. Meski seringkali dilihat hanya sebagai cemilan pembuka. 

Nyatanya, teh serta 3 buah kurma ini mampu mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang seharian setelah berpuasa. Kurma sendiri mengandung banyak nutrisi seperti potasium, zat besi, magnesium, fiber hingga vitamin B6 yang cocok untuk kamu yang tengah menjalani program diet.

Bahkan, sebuah penelitian membuktikan seseorang yang mengonsumsi kurma secara rutin memiliki frekuensi BAB yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Menarik bukan?

Nasi Merah

Ilustrasi beras merah. (Special)

Bagi kamu yang tengah menjalani diet, nasi merah dapat menjadi pilihan menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet. Sebab, jenis nasi satu ini kaya akan kandungan serat, protein hingga antioksidan.

Bahkan, penelitian dari Asia-Australian Journal of Animal Sciences menemukan seseorang yang mengkonsumsi beras merah menunjukkan hasil signifikan dalam melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan konsentrat antioksidan flavonoidnya juga terbilang tinggi.

Nutrisi tersebut  mampu membantu menghindari risiko dari mengurangi peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 atau jantung hingga menangkal berbagai radikal bebas.

Kentang Rebus

Ilustrasi kentang rebus. (Special)

Pilihan menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet selanjutnya yaitu kentang rebus. Makanan ini memiliki banyak manfaat salah satunya menjaga kesehatan tubuh serta bantu menurunkan berat badanmu. 

Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi dan memiliki peranan dalam menjaga tekanan darah. Selain itu, kentang juga dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama dan menjadikan kamu makan dengan porsi yang lebih sedikit.

Salad Buah

Ilustrasi salad buah. (Special)

Seseorang yang mengkonsumsi banyak buah memiliki tingkat obesitas  lebih rendah dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya. Tak ayal, salad buah dapat menjadi menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet.

Namun, kamu perlu memastikan jumlah atau jenis buah yang digunakan beragam. Sebab, untuk memberikan efek saling melengkapi dari setiap nutrisi yang dimiliki buah-buahan. Selain itu, hindari menambahkan dressing atau saus salad berlebihan. Hindari juga penggunaan susu kental manis yang justru akan meningkatkan kalori yang terkandung dalam sajian salad buah.

Sup

Ilustrasi sup ayam. (Special)

Ternyata, sup juga dapat menjadi menu berbuka sederhana yang cocok untuk diet lho. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa makanan padat yang diubah menjadi sajian sup dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan asupan kalori yang kecil.

Beberapa jenis sup yang bisa kamu konsumsi seperti sup kentang, sup jagung, sup ayam hingga sup tomat. Namun, dianjurkan tidak menambahkan banyak lemak seperti santan atau krim ke dalam sajian sup mu. Sebab, akan meningkatkan jumlah kalori dan justru memicu terjadinya berat badan berlebih.

Sate Ayam Bagian Dada

Ilustrasi sate ayam bagian dada. (Special)

Menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet pada urutan terakhir adalah sate ayam bagian dada. Hal ini dikarenakan pada area dada ayam kandungan lemaknya lebih sedikit dan tinggi akan kandungan protein. Sehingga, tak hanya lezat sajian ini juga sehat untuk badan yang tengah menjaga berat badan

Diketahui 172 gram dada ayam mengandung 284 kalori dan 53 gram protein. Tentunya, jumlah ini terbilang mampu mencukupi kebutuhan lemak maupun protein dalam tubuh mu saat menjalani puasa.

Itulah enam menu berbuka puasa sederhana yang cocok untuk diet. Semoga informasi di atas dapat membantumu dan selamat mencoba, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel