6 Masalah yang Muncul Akibat Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 11:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Masalah Yang Muncul Akibat Membersihkan Wajah Dengan Tisu Basah

Ilustrasi Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah. (Mind Body Green)

Ladiestory.id - Ladies, saat seharian penuh beraktivitas, kondisi kulit wajah tentu akan mengalami keringat bahkan munculnya kotoran dan polusi yang menempel di wajah. Oleh sebab itu, seseorang memilih menggunakan tisu basah untuk membersihkan keringat, kotoran ataupun membersihkan makeup di wajah. 

Walaupun hal ini memang praktis dilakukan, akan tetapi tidak semua tisu wajah memiliki formula dan kandungan yang cocok bagi kulit wajah. Bahkan beberapa produk tisu wajah mengandung kadar alkohol yang bisa menyebabkan dampak buruk atau permasalahan bagi kulit wajahmu. Nah, berikut ini enam masalah yang bisa saja muncul akibat membersihkan wajah menggunakan tisu basah yang telah Ladiestory.id rangkum, simak yuk!

Kulit Menjadi Kering

Ilustrasi Wajah Kering. (Freepik)

Ladies, beberapa tisu basah memiliki kandungan alkohol apabila diaplikasikan ke permukaan kulit wajah maka dapat menyebabkan wajahmu menjadi kering. Kandungan alkohol yang terkandung dalam tisu basah ini jika diaplikasikan ke kulit wajah pula akan mengurangi kelembapan alami pada kulit. Walaupun tisu basah sangat praktis dan dapat membersihkan kotoran dalam sekejap, apabila digunakan terus-menerus maka kulitmu akan menjadi sensitif, iritasi bahkan bisa membuat permukaan kulit lama-kelamaan menjadi menipis.

Muncul Jerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat. (Freepik)

Selain masalah kulit sensitif, tisu basah yang diaplikasikan ke kulit wajah pula akan menyebabkan munculnya masalah jerawat pada kulit. Apabila kamu tidak menggunakan tisu wajah khusus untuk membersihkan kotoran maupun bekas makeup pada wajah, tentu hal ini akan membuat kotoran maupun bekas makeup tidak terangkat optimal, alhasil akan meninggalkan residu serta bercampur dengan sebum yang dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan membuat wajah cantikmu menjadi muncul jerawat.

Kulit Berkeriput

Ilustrasi Kulit Keriput. (Freepik)

Masalah selanjutnya yang bisa muncul akibat sering menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajahmu ialah kulit menjadi berkeriput. Tisu basah biasa tidak memiliki kemampuan mengangkat kotoran pada kulit wajah secara maksimal, sehingga kulitmu akan mudah mengalami gesekkan yang dapat memicu munculnya garis halus ataupun keriput pada wajah.

Kulit Menjadi Tipis

Ilustrasi Kulit Bermasalah. (Freepik)

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, jika kamu sering menggunakan tisu wajah untuk membersihkan debu, kotoran hingga makeup di wajah maka lama-kelamaan kulitmu akan menjadi tipis dan juga sensitif. Bahkan jika kamu sering mengusap tisu basah berkali-kali dengan keras  maka dapat membuat kulit khususnya di area mata menjadi kendur. Untuk mengatasi hal ini, kamu pun bisa menggunakan makeup remover ataupun eye remover untuk mengangkat makeup di area wajah dan mata yang tebal dan membandel, cara ini juga dapat mencegah kulitmu terhindar dari iritasi dan membantu mengangkat kotoran lebih optimal jika dibandingkan menggunakan tisu basah.

Menghilangkan Minyak Alami Kulit

Ilustrasi Kulit Berminyak. (Freepik)

Tisu basah juga mengandung zat kimia berbahaya dan sangat keras sehingga dapat mempengaruhi keseimbangan pH dan asam pada kulit. Lapisan asam pada kulit atau yang disebut dengan acid mantle ini yang dapat melindungi kulit dari kotoran dan debu yang masuk ke dalam lapisan kulit. Selain dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan kasar, menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit wajah sehingga kelembapannya dapat menghilang.

Merusak Skin Barrier

Ilustrasi Skin Barrier Rusak. (Freepik)

Tisu basah juga biasanya memiliki kandungan pewangi maupun bahan pengawet yang dapat merusak skin barrier. Kandungan tersebut dapat berbahaya serta dapat memicu munculnya tanda-tanda kemerahan pada kulit wajah, ruam hingga kulit lebih sensitif hingga menjadi panas dan perih.