1. Health
  2. 6 Manfaat Konsumsi Shisamo, Ikan Viral yang Ludes di Online Market
Health

6 Manfaat Konsumsi Shisamo, Ikan Viral yang Ludes di Online Market

6 Manfaat Konsumsi Shisamo, Ikan Viral yang Ludes di Online Market

Ilustrasi ikan shisamo. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, akhir-akhir ini banyak orang yang mencari-cari ikan yang dikenal memiliki kaya manfaat bagi kesehatan ini. Yup, ikan shisamo atau yang dikenal dengan ikan capelin memiliki nama latin Spirinchus lanceolatus ini mulanya dikenal saat anak kedua dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yakni Rayyanza atau yang akrab disapa Cipung terlihat lahap mengonsumsi ikan bertekstur panjang dan bertubuh ramping ini.

Usai viral, ikan itu pun langsung menjadi perbincangan  khususnya dikalangan ibu-ibu yang diketahui tengah berburu ikan shisamo  ini baik di pasaran hingga online market, diketahui jika pendistribusian ikan ini pun dilakukan secara ketat dan di impor langsung dari luar negeri. Untuk harga jual ikan shisamo berkisar antara Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu per kilo gramnya.

Selain itu, ikan shisamo ini baik dikonsumsi bagi anak-anak karena kaya manfaat dan kandungan gizi didalmnya tentunya sangat berperan baik bagi pertumbuhan si kecil, namun tak hanya anak-anak saja ikan shisamo  ini pun baik dikonsumsi bagi orang dewasa. Nah, berikut ini enam manfaat mengonsumsi  ikan shisamo yang telah Ladiestory.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Memperbaiki Kesehatan Kulit dan Rambut

Ilustrasi Kulit Lembap. (Special)

 

Ladies, manfaat pertama yang bisa diperoleh dari ikan shisamo  ini ialah dapat membantu memperbaiki kulit dan rambut. Yup, kandungan omega-3 didalamnya dapat mengurangi peradangan pada kulit, tak hanya itu mengonsumsi ikan ini juga mampu meningkatkan kesuburan dan keindahan rambut serta melindungi kulit kepala dari ketombe dan peradangan kulit. Selain itu, kandungan vitamin B dari ikan shisamo ini dapat memperbaiki sel kulit yang rusak serta mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Menyehatkan Jantung

Mencegah Penyakit Jantung. (Freepik.com

 

Ikan shisamo memiliki kandungan lemak tak jenuh yang rendah, sehingga ikan ini tidak membuat kolesterol menjadi mudah naik. Diketahui jika 3 ons ikan shisamo  mengandung 2 gram lemak total, sehingga ikan shisamo ini pun dapat membantu menyehatkan dan meningkatkan kualitas jantung.

Mengimbangi Kolesterol

Ilustrasi pemeriksaan kolesterol. (Special)

 

Kandungan lemak tak jenuhnya ini diketahui dapat membantu menyeimbangkan kolesterol sehingga tidak membuat kolesterol meningkat naik. Sebab, kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan shisamo  ini dapat membantu menyeimbangkan kolesterol serta dapat menurunkan plak yang menumpuk pada arteri jantung.

Meningkatkan Sistem Saraf

Gelombang otak. (Better Life)

 

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari ikan shisamo  ini dapat membantu meningkatkan sistem saraf pada tubuh, karena ikan sishamo memiliki tingkat kalsium yang sangat tinggi. Yup, ikan yang seluruh bagiannya mulai dari kepala hingga ekor serta tulang-tulang kecilnya ini dapat dikonsumsi dan dicerna dengan mudah.

Menyehatkan Tulang

Ilustrasi Tulang. (Special)

 

Manfaat dari ikan shisamo selanjutnya ialah dapat membantu menyehatkan tulang, ikan shisamo mengandung mineral yang penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, ikan shisamo mengandung mangan, fosfor, kalsium, seng, besi dan juga tembaga. Ikan ini baik dikonsumsi untuk anak-anak untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi serta dapat pula dikonsumsi oleh orang dewasa hingga usia lanjut untuk menghindari terjadinya osteoporosis.

Mengontrol  Berat Badan

Cegah Kenaikan Berat Badan Saat Lebaran. (Special)

 

Ikan kecil yang memiliki warna hijau keperakan dan mirip dengan ikan sarden dan teri ini disebut pula sebagai rainbow smelt, ikan shisamo memiliki ukuran panjang 18 cm hingga 22,86 cm. Ikan yang berasal dari Jepang ini juga dikenal rendah merkuri. Tak hanya nikmat dikonsumsi dagingnya, ikan ini pun dapat dikonsumsi telurnya bahkan nikmat diolah sebagai hidangan sushi.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari ikan shisamo ini ialah dapat mengontrol berat badan, hal ini dikarenakan ikan shisamo memiliki kandungan rendah lemak dan rendah kalori, oleh sebab itu mengonsumsi ikan shisamo secara rutin pula dapat menjaga tubuh dari masalah diabetes, obesitas hingga penyakit jantung.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel