1. Travel
  2. 6 Makanan Khas Ponorogo yang Enak dan Lezat, Dijamin Bikin Ketagihan!
Travel

6 Makanan Khas Ponorogo yang Enak dan Lezat, Dijamin Bikin Ketagihan!

6 Makanan Khas Ponorogo yang Enak dan Lezat, Dijamin Bikin Ketagihan!

Makanan khas Pnorogo. (Special)

Ladiestory.id-Ponorogo merupakan salah satu daerah yang ada di provinsi Jawa Timur dan berbatasan dengan Jawa Tengah. Daerah ini memiliki ragam makanan khas yang jadi ciri tersendiri. Berikut ini  makanan khas Ponorogo yang wajib kamu coba.

Makanan Khas Ponorogo

Ponorogo menyimpan banyak sekali makanan lezat. Kamu yang hobi wisata kuliner tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa makanan khas Ponorogo di bawah ini.

1. Rujak Petis

Foto: Pemkabponorogo

Salah satu makanan khas Ponorogo yang terkenal adalah rujak petis. Sekilas makanan ini mirip dengan gado-gado yang kita kenal, tapi juga seperti rujak cingur.

Rujak petis  berisi aneka sayuran hijau seperti kangkung, kacang panjang, toge dan sebagainya yang disiram sambal dan petis di atasnya.  Tambahan petislah yang membedakannya dengan gado-gado. 

Paduan sambal dan petis dengan rasa yang sangat pedas membuat makanan ini memiliki cita rasa khas tersendiri, pastinya enak.

2. Nasi Tahu

Foto: Cookpad

Makanan khas Ponorogo berikutnya adalah nasi tahu atau masyarakat setempat menyebutnya sego tahu. Makanan yang satu ini berisi nasi atau ketupat atau bisa juga diganti dengan lontong dengan lauk tahu putih.

Adapun cara menyajikannya adalah tahu putih yang dicampur telur setengah matang yang dipotong-potong dan disajikan di atas nasi atau ketupat. Lalu taburi bawang goreng, irisan daun seledri, kacang tanah goreng dan kecap.  Rasanya manis dan gurih, sekali mencoba dijamin bikin kamu ketagihan

3. Getuk Golan

Foto: Pemkabponorogo

Salah satu makanan khas Ponorogo ini bakal bikin lidah kamu bergoyang. Yah, getuk golan memiliki citarasa yang manis dan gurih.  Makanan khas Ponorogo ini dibuat dari singkong yang direbus, lalu disajikan bersama dengan ketan hitam dan parutan kelapa yang disiram gula merah cair diatasnya.  

4. Tiwul Goreng

Foto: Yummy

Salah satu makanan khas Ponorogo yang tak kalah lezatnya dengan makanan lainnya adalah tiwul goreng. Tiwul terbuat dari gaplek yang merupakan olahan singkong yang dikupas dan direndam air, hingga warnanya menjadi coklat dan dimasak.

Perbedaan tiwul khas Ponorogo dengan tiwul dari daerah lainnya adalah dari penyajiannya yang digoreng dengan ikan ngongok yang merupakan ikan endemis daerah Ponorogo. 

Atau bila tidak ada bisa diganti dengan ikan nila atau ikan teri. Rasanya tak diragukan lagi, pasti nikmat dan bikin Anda ingin mencobanya lagi.

5. Sate Kopok

Foto: Tribuntravel

Makanan khas Ponorogo berikutnya adalah sate kopok. Dalam bahasa Jawa sendiri kata kopok memiliki arti lendir telinga.  Karena tampilannya yang berlendir dengan warna mirip lendir telinga itulah yang menjadikan makanan ini diberi nama sate kopok. Tampilan dan warna tersebut dihasilkan dari campuran bumbu kacang dan santan kelapa.

6. Lentho

Foto: Cookpad

Makanan khas Ponorogo yang dijamin enak dan bikin ketagihan, salah satunya adalah lentho. Jenis makanan cemilan ini memiliki rasa yang lezat dan unik. 

Makanan lentho terbuat dari olahan kacang tholo atau kacang beras lalu dicampur adonan tepung yang sudah diberi bumbu, kemudian digoreng. Rasanya gurih dan ada sensasi pedasnya, sehingga inilah yang membedakannya dengan makanan gorengan lainnya. 

Nah, itulah 6 makanan khas Ponorogo yang wajib dicoba yang dijamin bikin kamu ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi, hmm yummy.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel