1. Lifestyle
  2. 6 Cara Atasi Mental Breakdown Akibat Perselingkuhan, Bantu Jaga Kesehatan Mental
Lifestyle

6 Cara Atasi Mental Breakdown Akibat Perselingkuhan, Bantu Jaga Kesehatan Mental

6 Cara Atasi Mental Breakdown Akibat Perselingkuhan, Bantu Jaga Kesehatan Mental

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Ladiestory.id - Ketika kamu menyadari tengah menjadi korban perselingkuhan tentu tidak nyaman. Bahkan, hal ini dapat menghancurkan perasaan dan memicu depresi. 

Bagi para korban yang mengalami trauma bahkan memiliki gejala yang hampir mirip dengan Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD. Sehingga, mampu mengganggu kestabilan emosi serta kehidupan sehari. hari. Nah, supaya kamu bisa menghadapinya dengan lebih baik.

Yuk, simak enam cara mengatasi mental breakdown akibat perselingkuhan untuk bantu jaga kesehatan mental seperti yang dikutip dari laman Halodoc.

Mulailah Perawatan Diri

Ilustrasi skincare. (Special)

 

Cara mengatasi depresi akibat perselingkuhan yang pertama adalah mulailah perawatan diri. Hal ini wajib kamu lakukan untuk mengembalikan perasaan mu yang telah hancur sebelumnya.

Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat. menghindari penggunaan sosial media secara berlebih hingga tidur dan istirahat yang berkualitas. Selain itu, juga bisa dengan mengikuti kelompok hobi atau sekedar berlibur bersama orang-orang tersayang seperti keluarga atau teman.

Kenali Perasaanmu dengan Baik

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

 

Selain memulai rutinitas yang baru, kamu juga bisa mencoba untuk mengenal perasaanmu dengan baik. Cara mengatasi depresi akibat perselingkuhan ini sangat baik untuk mengembalikan kestabilan emosional.

Cobalah untuk meluangkan waktu melakukan berbagai aktivitas positif. Misalnya menulis jurnal, berkonsultasi dengan terapis, pergi bersama keluarga atau teman hingga melakukan hobi favoritmu. Hal ini sangat baik dalam membantu mengidentifikasi, merasakan hingga kemampuan mengatasi emosi atas pengkhianatan yang terjadi. Sehingga, kamu bisa lebih mudah menerima keadaan dan move on.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Ilustrasi menikmati udara bersih. (Special)

 

Cara mengatasi depresi akibat perselingkuhan yang wajib juga untuk kamu lakukan yaitu dengan meluangkan waktu bagi diri sendiri. Langkah ini bermanfaat untuk membantumu melupakan sejenak perasan sedih usai diselingkuhi oleh pasangan.

Kamu bisa mulai membuat jadwal tertentu untuk fokus pada diri sendiri. Selain itu, gunakan juga waktu dengan baik dalam rangka merenungkan dan memproses kembali kehidupan yang dimulai ulang tersebut. Sehingga, kamu dapat kembali menerima diri sendiri dengan baik dan menjalani kehidupan dengan bahagia.

Berhenti Salahkan Diri dan Carilah Dukungan Sosial

Ilustrasi perempuan sedang curhat. (Special)

 

Korban perselingkuhan acapkali menyalahkan diri sendiri atas hal buruk yang tengah menimpanya. Padahal, cara ini sangat tidak tepat. Sebab, perselingkuhan yang dilakukan pasangan merupakan sesuatu yang berada di luar kontrol diri sendiri. Sehingga, hal-hal yang berkaitan keputusan, pemikiran sehingga tindakan orang lain adalah murni kesadaran para pelaku nya sendiri.

Alangkah lebih baiknya untuk menghindari rasa menyalahkan diri sendiri. Kamu bisa mulai untuk menghubungi keluarga, teman hingga terapis terpercaya. Sehingga, kamu dapat dibantu untuk mendapatkan stabilitas serta kenyamanan secara emosional. Kamu juga bisa mendapatkan dukungan untuk membantumu kembali bersemangat.

Bangun Kembali Rasa Percaya

Ilustrasi perempuan sedang bercermin. (Special)

 

Ketika kamu sudah merasa siap memulai lembaran kehidupan yang baru. Cobalah untuk kembali membangur rasa percaya. Kamu bisa mulai dari diri sendiri hingga pada akhirnya ke orang lain.

Mulailah dengan melakukan latihan secara internal, mencoba mendengar hingga mempercayai perasaan serta intuisi diri terhadap orang lain maupun situasi yang kamu alami. Jangan lupa juga untuk mulai kembai membuka, memperbaiki hingga mengemabngkan kemampuan rasa percayamu kepada orang lain.

Terapkan Hidup yang Sehat

Ilustrasi jus sayur. (Special)

 

Cara mengatasi depresi akibat perselingkuhan yang terakhir adalah menerapkan kehidupan yang sehat. Langkah ini penting untuk dilakukan dengan cara membuat jadwal rutin. Mulai dari kegiatan bersosialisasi, fisik seperti olahraga, me time dengan melakukan hobi, tidur yang cukup hingga meditasi. 

Meski kamu perlu menyibukkan diri dengan maksimal. Kamu juga perlu memperhatikan kesehatan ya. Jangan sampai, hanya karena ingin cepat melupakan perselingkuhan suami. Justru kamu sampai sakit karena kelelahan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel