6 Alasan Keliru Ini Sebaiknya Kamu Pertimbangkan untuk Tak Terburu-buru Menikah

Senin, 31 Juli 2023 | 19:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Alasan Keliru Ini Sebaiknya Kamu Pertimbangkan Untuk Tak Terburu-Buru Menikah

Ilustrasi Pernikahan. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, melihat teman-teman sebaya sudah menikah duluan nampaknya semua itu terlihat sangat bahagia. Alhasil didalam hati kecilmu, kamu pun ingin segera menyusul dan merasakan kebahagiaan itu.

Eits, melihat teman-teman sudah menikah semua, namun kamu masih betah sendiri bukan berarti itu aib, lho. Karena ada beberapa alasan keliru yang harus menjadi pertimbanganmu untuk tidak segara buru-buru menikah seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Menikah Agar Tidak Kesepian

Ilustrasi Pasangan Menikah. (Freepik)

 

Memasuki usia yang sudah matang untuk menikah memang kerap menghampiri diri seseorang agar lekas mendapat pasangan untuk bisa mendampingi dirimu sehidup semati, tentunya memiliki pasangan halal yang dicintai bisa membuat hidup terasa lebih bahagia dan terhindar dari rasa kesepian.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, walaupun kamu sudah menikah dan memiliki pasangan, kamu pun bisa saja merasa khawatir, sedih, gelisah bahkan tidak bahagia. Oleh sebab itu, akan ada banyak ujian dalam pernikahan yang akan kamu dan pasangan alami. Nah, sebelum membahagiakan orang lain, pastikan dirimu pun merasa bahagia terlebih dahulu, Ladies.

Merasa Tertinggal dari Teman

Ilustrasi Bridesmaid. (Freepik)

 

Melihat teman-teman perkumpulanmu satu per satu mulai menikah dan telah menemukan jodohnya, tentu kamu akan merasakan kegelisahan dan kesedihan dalam dirimu. Bahkan kamu pun bertanya-tanya dalam diri, kapan kamu akan menikah seperti teman-temanmu, alhasil kamu pun merasa berkecil hati dan merasa tertinggal dari mereka. 

Ladies, sebaiknya jangan jadikan pernikahan sebagai ajang perlombaan dan siapa yang paling cepat. Kamu pun bisa melihat dari berbagai sisi, bahkan melihat kondisi pernikahan teman-temanmu terdahulu, dengan begitu selain kamu bisa mempersiapkan fisik dan mentalmu sebelum berumah tangga, kamu pun bisa mengambil sisi positif maupun sisi negatif agar tidak segera terburu-buru dalam menikah.

Mendapat Tekanan untuk Menikah

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

 

Ladies, tentu kamu akan merasa risih jika ada salah satu dari anggota keluarga, sahabat atau orang-orang sekitarmu yang selalu menyindir halus dengan pertanyaan “kapan nikah?”. Tak heran, pertanyaan ini pun kerap membuat seseorang merasa jengkel bahkan menimbulkan tekanan dalam diri seseorang.

Walaupun kamu merasa muak, jangan sampai kamu mengorbankan diri untuk menikah dalam kondisi tertekan dan tergesa-gesa untuk membuktikan omongan-omongan tersebut. Jika kamu merasa belum siap, maka tidak perlu kamu paksakan, sebaiknya kamu bisa menanggapi dengan bijak pertanyaan tersebut supaya mereka bisa berhenti untuk bertanya sesuatu hal yang menjadi privasimu.

Mendapat Nafkah Tinggi

Ilustrasi pasangan. (Special)

 

Ladies, ketika kamu bertemu dengan pasangan yang sudah mapan dan memiliki masa depan yang cemerlang baik dari sisi finansial, karir maupun tanggung jawabnya dalam menafkahimu, jangan semata-mata hal ini menjadi alasan utamamu untuk segera minta untuk dinikahi. Tidak baik jika kamu selalu bergantung dengan seseorang hanya karena sisi materinya saja.

Ingatlah, pernikahan merupakan perjalanan kehidupan yang panjang, lihat kembali sisi kepribadian, ibadah, komitmen dan kesetiaannya dalam mengayomi dan membimbing pasangannya. Karena menjadi wanita yang elegan harus dibekali dengan kemandirian tak hanya dari sisi materi namun juga mental.

Jika sewaktu-waktu kamu mengalami hal yang tak kamu inginkan dalam rumah tangga baik isu perceraian, perselingkuhan atau karir pasangan hancur dan ekonomi menjadi tidak stabil, kamu masih memiliki karir dan keahlian untuk meminimalisir hal itu terjadi.

Mewujudkan Resepsi Pernikahan Impian

Tipe tamu undangan. (Special)

 

Menikah bukan hanya untuk ajang pamer gengsi, pernikahan juga bukan permainan yang bisa kamu lakukan sesuaka hati. Memiliki pernikahan impian memang menjadi keinginan setiap orang, apalagi bagi seorang wanita yang mengidamkan resepsi pernikahan seperti yang diharapkan.

Namun, jangan pakasakan keinginanmu ini jika tidak sesuai dengan isi dompetmu. Jangan paksakan melangsungkan resepsi pernikahan yang mewah dengan berhutang, lebih baik langsungkan pernikahan dengan sederhana dan bahagia tanpa harus menanggung hutang dimana-mana. Patut kamu ketahui pernikahan merupakan komitmen seumur hidup, maka kamu pun perlu bijak mengatur rencanamu dengan baik kedepannya, Ladies.

Membalas Dendam Mantan

Ilustrasi foto bersama mantan. (Special)

 

Nah, Ladies tanpa disadari seseorang ingin segera menikah juga sebagai ajang balas dendam karena sudah ditinggal duluan oleh sang mantan. Alhasil ia pun bertekat untuk menyusulmu segera menuju pelaminan dan membuktikan kepadamu dia bisa move on dari masa lalunya dan bisa mendapat pasangan yang lebih baik darimu. Hal ini tidaklah baik dilakukan, apalagi pernikahan adalah sesuatu yang suci dan sakral, jangan sampai ego dan emosi membuat hubungan pernikahan kalian menjadi hancur berantakan.