1. Travel
  2. 5 Wisata Lokal yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental 
Travel

5 Wisata Lokal yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental 

5 Wisata Lokal yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental 

Liburan tidak hanya terbukti ampuh mengusir stres pekerjaan dan rutinitas, tapi juga membantu meningkatkan kesehatan mental. Tak heran, bila banyak orang yang melakukan traveling atau berlibur saat ini. 

Bahkan mereka mencari destinasi-destinasi wisata yang tak sekadar menyenangkan, tapi juga menenangkan serta menyehatkan mental. Destinasi wisata alam terbuka diyakini dapat membuat tubuh dan jiwa menjadi sehat. Nah, berikut ini lima wisata lokal terbuka yang baik untuk kesehatan mental. 

Kepulauan Seribu 

Kepulauan seribu memiliki banyak objek wisata pantai, di antaranya Pulau Harapan, Pulau Macan, dan Pulau Bira. Tempat banyak dituju wisatawan lokal, terutama warga Jakarta, sebagai destinasi berlibur. Apalagi Kepulauan Seribu mudah dijangkau dan dekat dari Ibu Kota. 

Pemandangan pantai yang indah, air dan awan yang biru, suasana dan udara pantai, serta suara deburan ombak mampu memberi perasaan tenang, nyaman, juga senang. Selain itu, keberadaan pasir putih di pantai juga dapat memberi rasa tenang. Perasan positif tersebut tentu berdampak baik bagi kesehatan mental. 

Pura Tirta Empul 

Bali menjadi wisata lokal nomor satu di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Bali tidak hanya menawarkan destinasi wisata menyenangkan, tapi juga menyehatkan mental. 

Banyak orang percaya Bali memiliki energi positif yang dapat menjernihkan batin dan pikiran, salah satunya Pura Tirta Empul. Pura yang berada di Kabupaten Gianyar ini mempunyai kolam permandian yang berasal dari sumber mata air sangat jernih. Di kolam ini, wisatawan dapat membersihkan diri atau melakukan meditasi. 

Air bening itu dipercaya menjadi media kesembuhan dan memiliki daya spiritual yang dapat menenangkan serta menjernihkan pikiran juga batin. Ditambah, Pura Tirta Empul di kelilingi pemandangan yang asri, yang makin menambah ketenangan jiwa dan memberi kesehatan mental. 

Orchid Forest Cikole 

Berada di wilayah Lembang, wisata lokal Orchid Forest Cikole menyediakan objek wisata hutan anggrek seluas sekitar 10 hektare dengan di keliling pohon pinus yang asri. Orchid Forest juga dikenal dengan pemandangan alam yang indah, udara sejuk, serta suasana tenang. 

Suasana tersebut tentunya akan meningkatkan energi positif dan kesehatan mental serta dapat menjadi tempat mencari inspirasi. 

Dataran Tinggi Dieng 

Wisata alam yang dapat menenangkan pikiran selanjutnya adalah pegunungan atau dataran tinggi. Di Indonesia, ada dataran tinggi Dieng salah satunya. Kawasan ini dikenal memiliki keindahan alam serta udara yang sejuk. 

Kawasan dataran tinggi Dieng juga mempunyai objek wisata dengan yang indah serta menarik seperti Batu Pandang Ratapan Angin Dieng. Di sini, wisatawan tak hanya menyaksikan pemandangan dataran tinggi yang indah, tapi juga melihat panorama telaga yang menawan dari ketinggian. Tentunya pemandangan dan udara yang sejuk ini bakalan memanjakan mata dan menenangkan pikiran. 

Glamping Lakeside Rancabali

Wisata glamping atau berkemah juga dapat menjadi alternatif wisata untuk meningkatkan kesehatan mental. Bandung menjadi salah satu kota di Tanah Air yang memiliki banyak wisata kemping, salah satunya Glamping Lakeside Rancabali. 

Di wisata lokal ini, wisatawan dapat dimanjakan dengan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk. Glamping Lakeside Rancabali berada di lokasi Situ Patenggang dan di keliling perkebunan teh. 

Wisatawan tak hanya disuguhkan pemandangan danau yang indah, tapi juga suasana alam yang asri. Wisatawan akan merasakan ketenangan pada pagi dan malam hari. Kamu juga dapat menemukan inspirasi dan semagat kembali di tempat ini. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel