1. Health
  2. 5 Tips Jalani Hidup yang Baik dan Bahagia
Health

5 Tips Jalani Hidup yang Baik dan Bahagia

5 Tips Jalani Hidup yang Baik dan Bahagia

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Setiap orang memiliki arti bahagia yang berbeda-beda dan dapat berubah sepanjang hidupnya. Banyak yang berpendapat bahwa meskipun kita mengira kita tahu apa yang bisa membuat bahagia, namun hal itu tak melulu benar.

Direktur Harvard Study of Adult Development, Dr. Robert Waldinger mengungkapkan ada banyak komponen yang berperan dalam upaya mencapai kehidupan yang lebih bahagia. Namun, kuncinya sendiri terletak pada satu faktor utama, yaitu hubungan yang berkualitas.

“Apa yang kami temukan adalah hal yang penting adalah terhubung secara aktif dengan setidaknya beberapa orang, karena kita semua memerlukan rasa terhubung dengan seseorang saat kita menjalani hidup,” kata Waldinger.

“Dan orang-orang yang terhubung dengan orang lain hidup lebih lama dan tetap sehat secara fisik dibandingkan orang-orang yang lebih terisolasi. Itulah kejutan dalam penelitian kami: bukan karena orang-orang lebih bahagia, tapi mereka hidup lebih lama,” sambungnya.

Melansir CNN, berikut ini beberapa tips untuk menjalani hidup yang baik dan bahagia.

Jaga Kesehatan Fisik

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Dalam menjalani hidup, optimalkanlah juga kesehatan fisik. Orang-orang yang menjaga kesehatan akan hidup lebih lama dan memiliki lebih banyak tahun ketika mereka terbebas dari penyakit seiring bertambahnya usia.

“Artinya, rutin berolahraga, makan dengan baik, tidak menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan, dan mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Hal-hal itu sangat berarti,” ujar Waldinger.

Tingkatkan Kehidupan Sosial

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Menjaga kebugaran seosial juga dapat membantu meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang. Jika merasa membutuhkan lebih banyak koneksi dengan orang lain, maka aktiflah dalam bersosialisasi.

“Jika Anda merasa tidak memiliki cukup banyak orang dalam hidup Anda yang terhubung dengan Anda. Anda dapat mengambil langkah aktif untuk menjalin lebih banyak hubungan, untuk mendatangkan lebih banyak orang dalam hidup Anda,” jelas Waldinger.

Perkuat Hubungan yang Sudah Ada

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Cara berikutnya untuk meningkatkan kebugaran sosial adalah dengan memperbaiki kualitasnya. Upaya ini tidak serta merta memerlukan tindakan yang cukup berat, namun juga berarti mengambil tindakan kecil namun konsisten.

Tindakan kecil namun teratur ini akan membuat hubungan yang sudah terjalin menjadi lebih aktif dan bersemangat.

Ekspresikan Diri

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Tips lainnya adalah dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang penting bagi diri sendiri untuk mengungkapkannya. Untuk memahami ekspresi diri, seseorang akan mengatakan untuk memikirkan tentang nilai-nilai inti yang tidak dapat bayangkan tanpanya dalam hidup.

“Karena orang-orang yang aktivitasnya memungkinkan mereka untuk mengekspresikan apa yang paling berarti bagi mereka. Mereka adalah orang-orang yang pada akhirnya menjadi orang yang paling bahagia dan merasakan hal terbaik dalam hidupnya,” ujarnya.

Terima dan Rangkul Perubahan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Orang-orang berubah sepanjang waktu, dan itu berarti hubungan juga berubah; seseorang tentunya perlu belajar mengakomodasi perubahan ini. Salah satu cara untuk belajar menerima perubahan tersebut, terutama ketika seseorang mengganggu atau ketika sedang mengalami masalah dalam suatu hubungan, kata Waldinger, adalah dengan membawa sebanyak mungkin rasa ingin tahu ke dalam hubungan tersebut.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel