1. Mom & Kids
  2. 5 Tips Hadapi Cuaca Panas Bagi Ibu Hamil, Wajib Catat!
Mom & Kids

5 Tips Hadapi Cuaca Panas Bagi Ibu Hamil, Wajib Catat!

5 Tips Hadapi Cuaca Panas Bagi Ibu Hamil, Wajib Catat!

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

Ladiestory.id - Indonesia kini tengah menghadapi tanda awal musim kemarau. Tak ayal, cuaca menjadi panas di beberapa wilayah. Bagi kamu yang tengah hamil. tentunya keadaan ini cukup erasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk tips hadapi cuaca panas bagi ibu hamil.

Informasi ini pun menjadi berguna untuk mengatasi permasalahan rasa lelah dan gerah yang lebih terasa ketika sinar matahari menjadi terik.

Akibatnya, kamu pun menjadi tidak nyaman dan dapat membahayakan kesehatanmu serta janin. Apalagi, untuk kehamilan pada trimester pertama dapat mengalirkan pusing, dehidrasi, pingsan hingga meningkatkannya risiko keguguran.

Nah, kira-kira apa saja ya tips hadapi cuaca panas bagi ibu hamil? Yuk, simak lima daftar nya berikut ini. 

1. Mandi Menggunakan Air Bersuhu Biasa

Ilustrasi mandi. (Special)

Tips hadapi cuaca panasa bag ibu hamil yang pertama adalah dengan mandi menggunakan air yang bersuhu biasa. Tidak terlalu dingin maupun tidak terlalu hangat. Cara ini akan membantu tubuh menjadi lebih segar dan sejuk. 

Namun, jika menggunakan air yang terlalu dingin. Justru akan membuat peningkatan suhu tubuh yang sangat mendadak. Sehingga, membahayakan bagi kesehatan kulit maupun janin. Kamu juga berisiko mengalami panas dalam, flu hingga demam. 

Ketika di luar ruangan, kamu bisa menggunakan face mist. Hal ni baik dilakukan untuk menjaga kelembaban kulit dan selalu menghindarinya. Jangan lupa, pilih produk yang kandungannya aman bagi ibu hamil ya.

2. Selalu Cari Tempat yang Teduh

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Ketika memasuki cuaca panas, paparan sinar matahari memiliki resiko berbahaya yang lebih tinggi. Jadi, ketika kamu beraktivitas diluar usahakan untuk berada ditempat yang teduh.

Selain membuatmu tidak mudah merasa lelah, cara ini juga baik untuk menjaga kehamilan mu. Sebab, ibu hamil memiliki kulit yang rentan terhadap melasma. Akibatnya, bisa menimbulkan gelap di area wajah maupun leher. 

3. Konsumsi Air Putih Lebih Banyak

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Tips hadapi cuaca panas bagi ibu hamil selanjutnya adala mengkonsumsi air putih lebih banyak. Beberapa dokter juga menyebutkan bahwa ibu yang tengah hamil justru membutuhkan konsumsi air dua hingga empat gelas lebih banyak. Hal ini supaya tubuh dan janin selalu terjaga kesehatannya. 

Sebab, ketika ibu hamil mengalami dehidrasi. Maka, akan menimbulkan kemungkinan kontraksi dan parahnya dapat memicu kelahiran prematur.

Jadi, usahakan untuk membawa botol minum kemanapun kamu pergi ya, Ladies! Supaya kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi. Bisa juga tambahkan irisan lemon untuk memberikan rasa segar.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Bagi kamu yang tengah hamil dan sering berpergian keluar. Cobalah untuk mulai menghindari paparan sinar matahari langsung. Mulailah ganti jadwal kegiatanmu untuk keluar ruangan saat pagi hari pukul 5 hingga 6 pagi atau sore serta malam hari. 

Jika kamu terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, usahakan mencari tempat berteduh. Sebab, perempuan yang tengah hamil memiliki kulit yang lebih rentan menjadi terbakar. 

Kamu juga bisa menggunakan payung, topi dan kacamata supaya perlindungan menjadi lebih maksimal. Gunakan juga sunscreen dengan SPF 40 dengan kandungan PA+++ untuk menghindari risiko terkena kanker kulit.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Tips hadapi cuaca panas bagi ibu hamil yang terakhir adalah menggunakan pakaian yang nyaman. Tak hanya itu, kamu juga perlu pakaian yang tertutup. Misalnya, baju memiliki lengan panjang, celana longgar yang panjang hingga dress. 

Kamu juga perlu menggunakan pakaian dengn bahan yang ringan dan longgar. Gunakan bahan seperti linen, rayon atau katun untuk membuatmu nyaman.

Selain ringan, bahan ini juga mudah menyerap keringat dan sejuk saat digunakan. Jadi, kamu dapat terhindar dari berbagai masalah kulit seperti gatal maupun ruam merah yang bisa dialami ibu hamil.

Itulah lima tips hadapi cuaca panas bagi ibu hamil yang dapat kamu coba. Pastikan juga kamu selalu mengkonsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga ringan untuk membuat mu dan janin semakin kuat. Semoga informasi di atas semakin bermanfaat untuk kamu dan orang sekitar ya. Salam sehat, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel