5 Tips Cegah Makan dan Minum Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Sabtu, 16 Maret 2024 | 15:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Cegah Makan Dan Minum Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi Berbuka Puasa. (Creative Market)

Ladiestory.id - Ladies, menunggu waktu berbuka puasa menjadi momen paling dinantikan setelah menahan haus dan lapar selama berjam-jam. Tak heran rasanya seseorang ingin segera menyantap hidangan makanan dan minuman yang telah disediakan. 

Eits, yang perlu kamu ketahui, makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa tidak baik, lho.  Hal ini bisa saja mengganggu proses pencernaanmu bahkan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada dirimu. Oleh sebab itu, untuk mencegah makan dan minum berlebihan saat berbuka puasa kamu bisa mengatasinya dengan lima tips berikut ini.

1. Awali dengan Asupan Cairan

Ilustrasi Minum Air (Rawpixel)

 

Ladies, alangkah lebih baiknya jika kamu dapat memulai memenuhi asupan cairan saat berbuka puasa dan mengonsumsinya dengan tidak berlebihan. Puasa selama hitungan jam dapat membuat perut merasa “terkejut” bahkan menimbulkan reaksi pencernaan. Kamu bisa memulainya dengan meminum segelas air putih saat berbuka puasa.

Seperti yang diketahui, minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan pada tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk perubahan suasana hati yang buruk, kelelahan dan masalah konsentrasi maupun fokus.

Air juga penting untuk mengelola dan membantu mencegah kondisi kesehatan lainnya seperti sakit kepala, migrain, batu ginjal, sembelit dan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan waktu berbuka puasa maupun sahurmu dengan bijak untuk menghidrasi tubuh dan memastikan bahwa kamu sudah memenuhi asupan air harian yang direkomendasikan yaitu enam hingga delapan gelas per hari.

Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi  juga dapat membantu hidrasi. Sebagai contoh, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan panas dan pedas yang dapat meningkatkan rasa haus dan pilihlah buah dan sayuran segar dengan kandungan air yang tinggi seperti jeruk maupun semangka untuk menu puasamu.

2. Konsumsi Makanan Manis

Ilustrasi Kurma. (Freepik)

 

Ladies, saat berbuka puasa juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis untuk membantu mengembalikan sumber energi tubuh. Akan tetapi hal ini pun dikonsumsi dengan porsi wajar dan tidak berlebihan. Sebagai contoh kamu bisa mengonsumsi kurma, jus buah atau hidangan manis alami untuk membantu menyeimbangkan kadar insulin pada tubuh.

3. Makan dengan Perlahan

Ilustrasi Makan Perlahan. (Freepik)

 

Ladies, menahan lapar selama berjam-jam membuat kita ingin segera menyantap makanan yang dihidangkan dengan porsi yang diinginkan.  Selain itu, seseorang cenderung ingin makan dengan cepat saat dirinya merasa sangat lapar, jadi pastikan untuk makan dengan perlahan dan berhati-hati supaya tidak tersedak. Luangkan waktu 20 menit untuk makan dan fokuslah untuk menikmati suapan, rasa dan aroma di piring makanmu.

4. Makan dengan Porsi Kecil

Ilustrasi Makan Porsi Kecil. (Freepik)

 

Pada saat suara azan berkumandang, perut yang semula kosong membuat kamu ingin mengisi piring dengan makanan sebanyak-banyaknya. Eits, hati-hati, Ladies. Sebaiknya, ambil porsi makan yang lebih kecil di piring makanmu dan makanlah dengan perlahan. Perutmu sebenarnya akan merasa kenyang dengan porsi yang lebih sedikit dari yang kamu perkirakan. Dengan cara ini, maka kemungkinan lebih kecil untuk kamu memaksakan sisa makanan masuk ke dalam perut yang sudah kenyang.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Ilustrasi Makanan Sehat. (Freepik)

 

Ingin memanjakan tubuh saat berbuka puasa memang tidak ada salahnya, Ladies. Namun, pastikan pula kamu mengonsumsi menu makanan sehat dan bergizi saat berbuka puasa. Saat bulan Ramadan tiba ada banyak menu takjil yang begitu menggoda, mulai dari makanan asin, manis hingga berlemak. Terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula dapat membuat kamu merasa haus dan dehidrasi. Kamu bisa beralih ke makanan yang kaya akan protein, karbohidrat maupun lemak sehat.

 

Sumber : https://www.bodyfast.app/en/overeating-after-fasting/

https://www.popsugar.com/fitness/how-to-prevent-overeating-when-doing-intermittent-fasting-47077261

https://restless.co.uk/leisure-and-lifestyle/art-and-culture/healthy-fasting-tips-for-ramadan/