1. Mom & Kids
  2. 5 Tips Bijak Ajarkan Anak Kelola Angpao Lebaran
Mom & Kids

5 Tips Bijak Ajarkan Anak Kelola Angpao Lebaran

5 Tips Bijak Ajarkan Anak Kelola Angpao Lebaran

Ilustrasi menabung bersama anak. (Special)

Ladiestory.id -  Salah satu tradisi yang paling ditunggu saat lebaran selain bersilaturahmi dan bermaaf-maafan ialah tradisi berbagi THR atau angpao lebaran kepada sanak saudara terutama anak-anak maupun keponakan.

Bagi anak-anak tradisi ini bisa menjadi momen yang menyenangkan karena ia bisa mendapatkan banyak uang untuk membeli apapun yang mereka inginkan.

Bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk bijak mengelola keuangan, hal ini pun bisa diterapkan. Moms bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengajarkan anak mengelola keuangan dan angpao lebaran supaya tetap aman dan tidak boros seperti yang telah Ladiestory.id rangkum.

Berikan Pemahaman dan Pengetahuan tentang Keuangan

Ilustrasi uang. (Special)

 

Bagi anak-anak cara ini mungkin akan sulit mereka cerna karena usia mereka yang masih terbilang muda atau masih sangat dini untuk mengelola keuangan. Tetapi tidak ada salahnya jika Moms memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada anak-anak perihal keuangan sejak dini, lho.

Memberikan edukasi finansial dan menanamkan kebiasaan keuangan yang sehat kepada anak sejak kecil akan menumbuhkan mindset dan melindungi mereka dari perilaku konsumtif yang dapat merugikan masa depannya.

Misalnya, ketika anak-anak mulai mendapatkan angpao lebaran dan mereka mulai menghitung jumlahnya, maka Moms pun bisa ikut terlibat untuk menjelaskan dengan cara yang sederhana jika uang juga bisa didapatkan dengan cara bekerja keras dan berusaha, dengan begitu mereka pun akan berpikir dan menghargai cara mendapatkan uang yang telah mereka terima.

Menabung

Ilustrasi menabung. (Special)

 

Tips selanjutnya yang bisa juga Moms lakukan ialah dengan mengajarkan anak untuk menabung. Moms bisa mengajarkan anak untuk menabung sejak dini serta menumbuhkan rasa untuk bijak dalam mengelola keuangan khususnya ketika mendapatkan angpao lebaran.

Moms bisa membelikan anak celengan dengan bentuk atau produk yang menarik agar si anak bersemangat dan tertarik untuk menabung. Tak hanya itu, Moms juga bisa mengajarkan anak perihal cara dan manfaat dari menabung itu sendiri dengan bahasa yang menarik dan mudah dicerna oleh anak-anak seusianya.

Buka Rekening Bank

Ilustrasi uang tabungan. (Special)

 

Yup, selain menabung menggunakan celengan, Moms juga bisa membuka rekening bank khusus untuk anak. Ajak anak untuk ikut menabung di bank agar rasa menabung dan pengetahuannya bisa bertumbuh. Dengan cara ini anak pun bisa lebih bersemangat untuk mengumpulkan uangnya ketika hendak menabung secara rutin.

Bersedekah

Sedekah. (Special)

 

Selain menabung, Moms juga bisa mengajarkan anak untuk mengelola keuangannya dengan cara yang bijak seperti mengajarkan anak berinvestasi dini atau memberikan sebagian uangnya untuk amal atau bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Cara ini merupakan salah satu cara yang bijak dan baik untuk mengajarkan anak kepada sesuatu hal yang lebih layak, berguna dan peduli terhadap sesama. 

Belanja dengan Bijak

Ilustrasi anak-anak berbelanja. (Special)

 

Anak-anak pun tetap ingin mendapatkan haknya, biasanya si kecil ingin membeli barang-barang yang telah diinginkannya sejak lama. Nah, Moms juga bisa mengatur angpao lebaran si kecil dan membelanjakan uang tersebut sesuai dengan porsinya, misalnya tidak boleh membelanjakan uang angpao lebih dari 50 persen dari jumlah yang ia terima.

Dengan cara ini maka Moms bisa mengajarkan anak untuk tidak boros dalam menggunakan uangnya, selain itu Moms juga dapat mengajarkan si kecil untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan daripada yang tidak sepenuhnya mereka inginkan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel