1. Lifestyle
  2. 5 Tips Atasi Rasa Kantuk Berlebih Agar Tetap Produktif Saat Puasa
Lifestyle

5 Tips Atasi Rasa Kantuk Berlebih Agar Tetap Produktif Saat Puasa

5 Tips Atasi Rasa Kantuk Berlebih Agar Tetap Produktif Saat Puasa

Ilustrasi Mengantuk saat Bekerja. (iStock)

Ladiestory.id - Ladies, saat berpuasa tubuh mudah mengalami rasa lelah dan kantuk yang tak tertahankan. Hal ini sangat wajar dialami seseorang karena menurunnya kadar gula dalam tubuh saat berpuasa. Walaupun hal ini normal terjadi, namun kelelahan selama berpuasa tak boleh dipandang sebelah mata karena dapat menurunkan produktivitas kerja seseorang.

Kamu tak perlu khawatir, berikut ini lima tips atasi rasa kantuk berlebih saat berpuasa agar tetap produktif menjalani aktivitas, simak yuk!

Mulai dengan Niat dan Tekad yang Kuat

Ilustrasi semangat. (Special)

 

Tekadkan dirimu untuk bekerja dengan penuh semangat dan keikhlasan. Meskipun kamu  akan menghadapi lebih banyak tantangan selama bulan Ramadan karena kewajiban agama seperti berlatih menahan diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan terlebih dahulu pada dirimu untuk memiliki niat dan tekad  untuk bekerja dengan penuh semangat. Jika  kamu bertekad maka tips-tips berikutnya akan mudah diikuti.

Hindari Makan dan Minum Berlebihan Saat Sahur

Ilustrasi perempuan sahur. (Special)

 

Saat berpuasa seseorang harus menahan lapar dan minum selama kurang lebih 13 jam lamanya. Saat sahur usahakan untuk mengonsumsi makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman berlebihan saat sahur, mengonsumsi makanan berlebihan saat sahur justru dapat membuat kamu mudah merasa mengantuk.

Dilansir dari British Council Indonesia Foundation, selama berpuasa tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena dapat melukai lambung dan membuatmu mudah sakit.

Pilihlah menu makanan saat sahur yang seimbang seperti  karbohidrat, protein  dan serat dalam asupan makan sahurmu. Makanan yang mengandung serat membantu tubuhmu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, perbanyaklah makan sayur dan buah.

Atur Waktu Tidur

Ilustrasi Wanita Menikmati Waktu Tidur. (Canva)

 

Selama puasa Ramadan kamu perlu memperbaiki waktu tidurmu agar lebih berkualitas, sehingga keesokan harinya kamu bisa bekerja lebih produktif sehingga mengurangi rasa kantuk berlebih selama berpuasa. Ada dua jadwal tidur yang harus kamu perbaiki yakni jadwal tidur malam dan setelah sahur.

Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, sebaiknya ubahlah kebiasaan ini.  Cobalah untuk tidur lebih awal karena kamu  juga harus bangun lebih awal untuk sahur dan bekerja  dibandingkan bulan-bulan selain Ramadan.

Selain itu, setelah sahur dan sholat subuh mungkin sebagian orang akan kembali  melanjutkan tidur atau memilih melanjutkan aktivitas seperti beribadah maupun berolahraga untuk membantu meningkatkan energi.  

Lakukan Olahraga Ringan Saat Istirahat

Ilustrasi perempuan melakukan perenggangan. (Special)

 

Sertakan aktivitas lain selama bekerja agar tetap bersemangat dan berenergi, kamu bisa manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan aktivitas yang membuat tubuhmu lebih segar dan rileks seperti berolahraga, berjalan-jalan di sekitar kantor, stretching atau naik turun tangga. Jika kantormu  menyediakan ruang khusus untuk me time, maka manfaatkanlah. Selain itu, kamu  juga bisa memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang selama 20-30 menit untuk mengatasi rasa kantuk yang berlebih.

Rutin Beribadah

Ilustrasi salat. (Special)

 

Bagian penting dari bulan Ramadan adalah ketaatan dalam menjalankan ibadah. Jika beribadah secara konsisten maka ibadahmu pun akan  berkah dan menjadi saat yang tepat bagimu untuk meningkatkannya dan yang tak kalah penting, beribadahlah dengan tulus. Kamu pun dapat menghindari aktivitas yang tidak bermanfaat serta bisa menjalankan aktivitas kerja dengan fokus dan produktif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel