1. Health
  2. 5 Tips Ampuh untuk Tidur yang Berkualitas Di Malam Hari, Yuk Cobain!
Health

5 Tips Ampuh untuk Tidur yang Berkualitas Di Malam Hari, Yuk Cobain!

5 Tips Ampuh untuk Tidur yang Berkualitas Di Malam Hari, Yuk Cobain!

Ilustrasi Tidur Berkualitas (iStock)

Ladiestory.id - Memiliki tidur yang berkualitas tentu menjadi impian bagi semua orang. Nah, bagi kamu yang masih kesulitan soal hal ini. Kamu wajib simak pembahasan mengenai tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari. 

Ketika seseorang memiliki tidur yang nyenyak tentu tubuhnya menjadi lebih sehat. Kualitas tidur pun sama halnya dengan olahraga serta diet. Bahkan, penelitian juga menemukan bahwa seseorang memiliki kualitas tidur yang rendah maka akan mengalami efek buruk pada bagian hormon maupun fungsi otak. 

Lalu, apa aja sih tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari? Yuk, ikuti sampai akhir dan praktekan mulai malam ini ya Ladies!

1. Paparkan Tubuh ke Cahaya Terang Siang Hari

Ilustrasi Bekerja Siang Hari (iStock)

 

Setiap orang memiliki waktu pengatur tubuh alami yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Nah, tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari urutan pertama adalah dengan memberikan tubuh ke cahaya terang saat siang hari. 

Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja otak. organ serta tubuh dalam mengatur waktu yang tepat untuk tidur dan bagun. Cahaya ini juga membantu meningkatkan energi tubuh dengan signifikan. Bahkan, bagi penderita insomnia sekalipun paparan sinar matahari di siang hari ketika mengenai tubuh dapat membantu kualitas tidur menjadi lebih baik dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk cepat terlelap. 

Pastikan kamu mencoba cara ini. Usahakan ketika pagi hingga siang hari kamu banyak melakukan aktivitas di tempat yang menerima sinar dengan maksimal. 

2. Kurangi Paparan Sinar Biru saat Malam Hari

Ilustrasi Bermain Ponsel. (iStock)

 

Berbeda dengan di siang hari, tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari  justru kamu perlu mengurangi paparan sinar biru. Sebab, sinar satu ini justru membuat otak menjadi tertipu.

Efek lainnya adalah berupa hormon melatonin yang berkurang dengan mengakibatkan kamu tidak bisa menikmati rileks saat tidur nyenyak. Cahaya biru sendiri biasa nya dipancarkan oleh ponsel, komputer maupun alat elektronik lain dalam jumlah yang besar. 

Beberapa acara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi  hal ini adalah dengan menggunakan kacamata, kurangi penggunaan alat elektronik hingga mematikan televisi pada malam hari. Sehingga, kamu bisa segera beranjak tidur dan tubuh menjadi rileks serta mudah terlelap. 

3. Berhenti Konsumsi Kafein saat Sore Hari

Ilustrasi Minum Kopi. (iStock)

 

Siapa nih yang suka minum kopi di sore hari? Jika kamu orangnya, maka kamu perlu menghentikannya. Sebab, hal ini masuk ke dalam  tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari.

Dilansir dari Healthline, mengkonsumsi kopi di sore hari sutru menimbulkan rangsangan di sistem saraf. Alhasil, tubuh menjadi fokus dan tidak rileks secara alami saat malam hari tiba. Jadi, jika kamu ingin memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari atau mudah terlelap. Maka, menghentikan minum kopi adalah salah satu solusi yang wajib kamu coba. 

4. Mulailah Bangun dan Tidur Diwaktu yang Sama

Ilustrasi Tidur. (iStock)

 

Tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari lainnya adalah dengan mulai bangun dan tidur pada waktu yang sama. Pada masa ini tubuh dapat melakukan aktivitas pada waktu yang konsisten. 

Ritme sirkadian membantu mengatur putaran tubuh ketika beraktivitas sejak terbit hingga tenggelamnya matahari. Sehingga, jika kamu membiasakan diri untuk beristirahat dan bangun pada waktu yang sama. Maka, memicu tubuh mampu melakukannya secara otomatis. Menarik, bukan?

5. Hindari Makan Larut Malam

Ilustrasi Makan Tengah Malam. (iStock)

 

Terakhir,  tips ampuh untuk tidur yang berkualitas di malam hari adalah dengan menghindari makan larut malam. Ketika kamu mengkonsumsi makanan atau cemilan saat larut malam. Maka, akan menimbulkan dampak negatif pada pelepasan HGH maupun melatonin tubuh. Hal inilah yang mempengaruhi kualitas tidurmu. Jadi, yuk mulai sekarang coba praktekan!

SUMBER BERITA:

https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety

 

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel