1. Health
  2. 5 Tanaman Obat Keluarga: Contoh dan Manfaatnya
Health

5 Tanaman Obat Keluarga: Contoh dan Manfaatnya

5 Tanaman Obat Keluarga: Contoh dan Manfaatnya

Foto: Unsplash/Katherine Hanlon

Toga atau Tanaman Obat Keluarga adalah tanaman yang mudah dirawat dan mudah tumbuh di pekarangan rumah. Sekarang ini tanaman obat keluarga sedang banyak dibicarakan, hal ini karena toga sangat berguna dalam keadaan darurat, contohnya seperti keluarga yang tiba-tiba sakit.

Dengan adanya toga ini setidaknya Anda bisa membantu meringankan sampai dengan menyembuhkan penyakit tersebut. Namun meskipun begitu, penggunaan tanaman toga ini masih membutuhkan konsultasi atau dengan resep dokter.

Oleh karena itulah, Anda tidak boleh sembarangan dalam menggunakan tanaman obat keluarga untuk menyembuhkan penyakit. Anda harus paham jenis-jenis toga dan manfaat serta hal-hal yang perlu diperhatikan lainnya.

Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh toga yang sering dijumpai beserta manfaat dan hal-hal yang harus diperhatikan. Langsung saja berikut adalah contohnya.

      1. Kunyit

Curcuma longa atau kunyit adalah toga yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia. Di dalam kunyit terkandung senyawa aktif berwarna kuning yang bernama curcumin, curcumin ini berguna sebagai bahan masakan dan pewarna makanan.

Kunyit juga dipercaya mempunyai sifat anti kanker dan bisa mencegah terjadinya mutasi DNA. Selain itu, kunyit juga bisa digunakan untuk suplemen bagi penderita radang sendi atau artritis yang ingin menghilangkan rasa nyeri. 

Curcumin yang digunakan dengan dosis yang tepat bisa lebih efektif meredakan rasa nyeri dibandingkan dengan obat pereda seperti aspirin dan ibuprofen. Bahkan belakangan ini penelitian menunjukkan sedikit harapan bahwa tanaman ini bisa mengobati penyakit kulit.

Manfaat Toga Kunyit:

  1. Bisa membantu mengendalikan diabetes
  2. Mencegah penyakit kanker
  3. Mengurangi risiko kambuhnya penyakit asma dan alergi
  4. Meredakan rasa sakit karena radang seperti radang sendi
  5. Mengencerkan darah.

Hal yang Harus Diperhatikan:

  • Saat digunakan sebagai suplemen, kebanyakan orang biasanya mengambil terlalu banyak
  • Hal ini bisa membuat dosis dan kualitasnya sulit diukur
  • Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan penyakit perut
  • Lebih aman jika dikonsumsi sebagai ramuan pada dalam teh atau masakan.

      2. Ginkgo Biloba

Ginkgo adalah tanaman hias besar yang tumbuh subur di daerah dengan iklim sedang, mulai dari Amerika Serikat sampai dengan daratan Eropa. Namun, di Indonesia sendiri banyak yang menjual benih biji Ginkgo Biloba dengan harga mulai dari Rp10.000. 

Ginkgo adalah salah satu jenis pohon tertua dan banyak digunakan dalam pengobatan Cina. Daun tanaman ini bisa digunakan untuk membuat tablet, kapsul, dan ekstrak. Selain itu, daunnya juga bisa dikeringkan dan dikonsumsi sebagai teh.

Toga Ginkgo ini terkenal dengan kemampuannya yang bisa meningkatkan kesehatan otak manusia. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa Ginkgo ini bisa menyembuhkan pasien demensia ringan sampai sedang dan bisa memperlambat penurunan kognisi pada Alzheimer.

Manfaat Toga Ginkgo:

  1. Mencegah dan memperlambat Alzheimer
  2. Mencegah dan memperlambat Demensia
  3. Mengurangi perasaan cemas dan gelisah 
  4. Merawat kesehatan mata
  5. Mengurangi depresi
  6. Mengatasi peradangan.

Hal yang Harus Diperhatikan:

  • Pemakaian toga Ginkgo dalam jangka waktu yang panjang bisa meningkatkan kemungkinan terkena kanker hati dan tiroid
  • Biji ginkgo beracun apabila tertelan
  • Dapat berinteraksi dengan pengencer darah
  • Jika sedang mengonsumsi obat dokter, sebaiknya konsultasi lagi dengan dokter sebelum mengonsumsinya
  • Efek samping dari toga ini bisa berupa sakit perut, sakit kepala, pusing, dan alergi.

      3. Anggur (Bijinya)

Tanaman obat keluarga selanjutnya yang kaya akan manfaat adalah anggur. Ketika Anda memakan buah anggur, jangan buang biji anggurnya karena bisa digunakan sebagai obat. Biji anggur mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya, seperti polifenol, antioksidan, dan flavonoid.

Ekstrak biji anggur ini selama bertahun-tahun sudah tersedia dalam bentuk kapsul, cair, dan tablet. Biji anggur ini mempunyai manfaat untuk kesehatan, beberapa diantaranya adalah menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) dan bisa mengurangi gejala sirkulasi buruk di pembuluh darah kaki.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengonsumsi ekstrak anggur secara rutin akan memberikan efek anti kanker dan bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker secara bertahap.

Manfaat Toga Anggur (Bijinya):

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah
  2. Mengontrol tekanan darah
  3. Menstimulasi fungsi otak karena kaya akan antioksidan
  4. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular
  5. Mempercepat proses penyembuhan luka.

Hal yang Harus Diperhatikan:

  • Biji anggur dapat mengurangi proses penyerapan zat besi dalam tubuh
  • Anda harus berhati-hati ketika mengonsumsi biji atau ekstrak biji anggur bersamaan dengan obat tekanan darah atau ketika akan melakukan operasi.

      4. Lavender 

Lavender adalah tanaman obat keluarga dengan 25 sampai 30 spesies yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai dengan Afrika tropis dan ke timur sampai India. Lavender ini termasuk genus tumbuhan berbunga.

Sebagai salah satu tanaman hias, lavender terkenal akan kemampuannya untuk mengusir nyamuk. Lavender sangat mudah digunakan karena tanaman ini mempunyai minyak atsiri di kuncup bunganya. 

Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak esensial yang ada pada lavender jika dihirup meredakan kecemasan dan bisa menenangkan pikiran. Lavender terkenal akan sifat obat penenangnya yang membantu orang susah tidur.

Manfaat Toga Lavender:

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Mengurangi rasa cemas, gelisah dan stress
  3. Menyembuhkan sakit kepala atau migrain
  4. Mengurangi kerontokan rambut
  5. Terapi aroma lavender bisa meredakan nyeri saat haid.

Hal yang Harus Diperhatikan:

  • Bisa menyebabkan iritasi kulit
  • Meminum minyak lavender bisa menyebabkan sembelit, nafsu makan meningkat dan sakit kepala.

      5. Kemangi

Tanaman toga terakhir adalah Kemangi. Daun kemangi adalah tanaman yang masih satu famili (keluarga) dengan daun mint. Kemangi sangat mudah ditanam, selain itu cara perawatannya juga tergolong mudah. 

Tanaman ini sering dijadikan sebagai lalapan, hal ini karena daun kemangi mempunyai aroma yang segar. Daun kemangi ini juga terkenal sebagai makanan yang memiliki banyak manfaat, seperti anti inflamasi, anti bakteri, dan bisa digunakan untuk melawan berbagai jenis penyakit. 

Selain itu, dalam kemangi juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Contohnya seperti mangan, vitamin A, dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Toga Kemangi:

  1. Menggantikan zat besi dalam tubuh yang hilang karena haid
  2. Membantu meredakan stres
  3. Mengurangi pembengkakan dan peradangan
  4. Menghilangkan bau badan
  5. Dapat mencegah penuaan dini.

Hal yang Harus Diperhatikan:

  • Tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes
  • Jangan dikonsumsi bersamaan obat pengencer darah
  • Memiliki efek samping berupa etanol yang menyebabkan jantung berdebar, nafas pendek, sampai dengan mual-mual.

Nah, itulah beberapa contoh tanaman obat keluarga atau toga yang dapat kami sampaikan. Selain beberapa contoh toga di atas, masih banyak tanaman obat keluarga lain yang juga memiliki banyak manfaat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang tanaman obat keluarga dan contoh serta manfaatnya. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel