1. Entertainment
  2. 5 Seleb Indonesia yang Ngaku Transgender
Entertainment

5 Seleb Indonesia yang Ngaku Transgender

5 Seleb Indonesia yang Ngaku Transgender

Dorce Gamalama. (special)

Ladiestory.id - Beberapa artis di Indonesia semakin berani mengakui jika mereka seorang transgender. Bagi mereka membahas soal transgender di Indonesia bukan sesuatu yang tabu lagi. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa artis transgender yang tetap sukses di dunia hiburan.

Kejujuran identitas gender yang dilakukan para transgender selalu menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan. Meski dirasa berat, mereka tampil percaya diri mengakui bahwa dirinya adalah seorang transgender dari seorang pria menjadi seorang wanita.

Nah, penasaran kan siapa saja artis transgender di Indonesia? Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa artis transgender di Indonesia.

1. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama. (instagram.com/dg_kcp)

Siapa yang tak kenal dengan sosok Dorce Gamalama? Dikenal sebagai salah satu artis senior, Dorce tidak malu untuk mengakui jika dirinya adalah seorang transgender.

Terlahir dengan nama lengkap Dedi Yuliardi Ashadi, ia menggunakan nama panggung 'Dorce' sejak bergabung dalam kelompok seni tari, sedangkan 'Gamalama' diambil dari nama Gunung di Kepulauan Maluku.

Pengakuan Dorce tentang dirinya yang merupakan seorang transgender sempat menuai kontroversi di kalangan masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu secara perlahan masyarakat mulai menerimanya.

Bahkan Dorce semakin dikenal dan akrab disapa 'Bunda Dorce'. Belakangan ini dikabarkan bahwa Dorce sedang mengalami sakit diabetes dan dementia Alzheimer. Beberapa rekan artis juga datang menjenguknya. Semoga lekas sembuh Bunda Dorce.

2. Denna Rachman

Dena Rachman (instagram.com/denarachman)

Mantan penyanyi cilik Renaldy Denada Rachman memutuskan untuk menjadi seorang transgender pada akhir 2020 silam. Ia melakukan perubahan gender menjadi wanita serta melakukan perubahan nama menjadi Dena Rachman. Dikabarkan sempat tinggal di Amerika dan akan melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya.

Berita tersebut sontak menuai berbagai komentar publik. Meski demikian, Dena Rachman selalu menebar pesan positif melalui akun media sosial miliknya.

3. Gebby Vesta

 Gebby Vesta. (instagram.com/vestaonly)

Pada akhir 2019 silam, dunia hiburan dihebohkan dengan sebuah pengakuan dari Gebby Vesta. Ia mengaku sebagai seorang transgender, dan telah melakukan perubahan gender dari pria menjadi wanita.

Hal itu sangat mengejutkan publik, pasalnya tidak ada yang menyangka jika Gebby Vesta yang merupakan seorang DJ, dan bintang iklan ini adalah seorang transgender.

Setelah membuat pengakuan sebagai seorang transgender, Gebby Vesta memutuskan berhenti di dunia hiburan dan fokus dengan bisnis yang dijalaninya.

4. Oscar Lawalata

Oscar Lawalata. (instagram.com/oscarlawalata)

Oscar Lawalata merupakan salah satu desainer terkenal di Indonesia, yang mengumumkan dirinya adalah seorang transgender. Dua tahun yang lalu ia mengaku telah melakukan perubahan gender dari pria menjadi wanita.

Meski sempat mendapatkan penolakan dari berbagai pihak, termasuk keluarga besarnya. Namun, saat ini pihak keluarga sudah bisa menerima keputusan tersebut.

Sejak menjadi seorang transgender Oscar Lawalata mengganti namanya menjadi Asha Smara Darra. Ia menjadi desainer yang terkenal dengan semua karyanya, tak hanya itu saja ia dikabarkan sedang menjalin asmara dengan seorang pria bule.

5. Dinda Syarif

Dinda Syarif (instagram.com/dindasyarif)

Tak malu mengakui dirinya sebagai seorang transgender, Dinda Syarif menjadi perbincangan hangat pada 2017 silam. Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan wajah yang cantik, membuat Dinda Syarif muncul sebagai pemenang kostum terbaik di Miss International Queen, yang merupakan ajang kecantikan para transgender di seluruh dunia. Dinda Syarif juga sering menebarkan pesan positif kepada para transgender, agar tidak malu untuk menunjukkan jati dirinya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel