5 Penyebab Rasa Kantuk Berlebihan Saat Berpuasa

Kamis, 30 Maret 2023 | 13:59:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Penyebab Rasa Kantuk Berlebihan Saat Berpuasa

Ilustrasi seseorang mengantuk. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, saat berpuasa salah satu tantangan yang dihadapi ialah menahan rasa kantuk. Apalagi bagi kamu yang sedang melakukan aktivitas bekerja saat sedang menjalankan ibadah puasa, rasanya tubuh merasa lelah dan mata merasa pedih akibat rasa kantuk yang berlebihan.

Tubuhmu tentu masih bisa merasa segar pada saat pagi hari namun seketika saat siang hingga sore hari tubuh mulai menurun staminanya. Nah, apabila hal ini kamu rasakan, bisa saja ini lima penyebab yang timbul akibat rasa kantuk yang berlebihan saat puasa. Simak yuk!

Kadar Gula Menurun

Foto: Ladiestory.id

 

Ladies, salah satu penyebab yang muncul akibat rasa kantuk yang berlebihan selama berpuasa ialah kadar gula dalam tubuh yang menurun. Yup, hal inilah yang menyebabkan kondisi tubuh melemah bahkan mudah mengantuk. Maka tidak heran jika selama berpuasa kamu menjadi lemas bahkan otak dan pikiranmu menjadi sulit untuk berkonsentrasi.

Selain itu, pasokan nutrisi dalam tubuh hanya bisa bertahan selama dua jam saja, kemudian kadar gula pun akan menurun. Oleh sebab itu banyak yang menyarankan jika saat berbuka puasa alangkah lebih baik dapat mengonsumi makanan manis untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Perubahan Ritme Sirkadian

Ladies, perubahan ritme sirkadian atau biasa yang dikenal dengan jam biologis dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur seseorang mudah diamati setiap harinya.

Selama berpuasa tubuhmu pun akan mencoba mengatur siklus tidurmu dari biasanya mulai dari sahur hingga menuju berbuka puasa.

Jika biasanya kamu lebih aktif melakukan mobilitas baik makan dan minum tiga kali sehari dari biasanya, saat berpuasa kamu akan lebih banyak makan dan minum diwaktu malam hari sehingga hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh seseorang saat berpuasa.

Jam Tidur yang Berubah

Tidur siang. (Special)

 

Ladies, saat berpuasa tubuh akan merasa mudah lelah dan mengantuk. Jika biasanya kamu akan sering begadang, maka selama berpuasa kamu dapat menurunkan kebiasaan seperti ini. Hal ini dikarenakan jam tidur selama menjalankan ibadah puasa akan terpotong saat menjalani sahur. Alhasil kamu harus membiasakan diri untuk tidur lebih awal dari biasanya dan bergegas bangun dini hari agar tidak telah menjalani sahur. Hal ini pun akan mempengaruhi kualitas tidur di siang harimu, lho.

Banyak Konsumsi Karbohidrat

Ilustrasi Karbohidrat Kompleks. (Special)

 

Ladies, penyebab lainnya yang membuat seseorang akan lebih mudah merasa kantuk ialah banyak mengonsumsi makanan karbohidrat. Hal ini dapat disebabkan tubuh lebih banyak memproduksi serotonin lebih banyak setelah makan. Zat serotonin dalam tubuh inilah yang berperan untuk mengubah mood maupun siklus tidur pada seseorang.

Makanan berkabohidrat tinggi seperti susu, roti maupun nasi sebaiknya dapat kamu ganti dengan makanan berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah serta kebutuhan akan cairan seperti air mineral hingga zat besi.

Penurunan Kadar Kortisol

 

Ilustrasi mengantuk saat bekerja. (Special)

 

Selain adanya perubahan waktu yang mendadak saat makan dan minum dari biasanya, hal ini pun dapat dipicu dengan menurunnya kadar kortisol dan insulin dari dalam tubuh.

Kortisol sendiri menjadi salah satu hormon yang berperan penting bagi kondisi tubuhmu, apabila kadar kortisol dalam tubuh semakin sedikit maka rasa lelah dan kantuk menjadi tidak tertahankan. Namun, apabila kadar kortisol meningkat, maka akan membuat kenaikan berat badan dalam tubuh bahkan menyebabkan berbagai risiko terjadinya penyakit.