1. Health
  2. 5 Menu Buka Puasa Aman untuk Penderita Maag
Health

5 Menu Buka Puasa Aman untuk Penderita Maag

5 Menu Buka Puasa Aman untuk Penderita Maag

Ilustrasi buka puasa. (Special0

Ladiestory.id - Telat makan, mudah stres, dan kerap mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak disarankan dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung yang sering disebut dengan penyakit maag. Tidak terpatok usia, dari semua kalangan mulai anak-anak maupun orang dewasa pun juga dapat mengalaminya.

Bagi penderita maag, mereka merasakan tantangan tersendiri ketika menjalankan ibadah puasa. Demi mencegah kambuhnya penyakit yang mereka alami, penderita maag memiliki sejumlah pantangan makanan yang mesti dihindari. Orang yang memiliki riwayat maag disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut agar mudah diterima oleh lambung.

Oleh sebab itu, memperhatikan menu makanan ketika akan melakukan buka puasa menjadi hal yang sangat penting untukmu. Kira-kira, menu makanan apa saja ya yang dapat dikonsumsi?

Kurma

Kurma (Special)

Selama bulan Ramadan berlangsung, eksistensi buah kurma pasti sering Kamu temukan di meja makan. Bagi orang yang memiliki penyakit maag, kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Bagaimana bisa? Hal itu disebabkan karena buah kurma mengandung 11,8 gram serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Di sisi lain, manfaat buah kurma bagi penderita penyakit asam lambung atau maag ini yaitu dapat membantu menyeimbangkan asam dan basa dalam tubuh seseorang. Dengan demikian, jika terjadi peningkatan gejala asam lambung yang disebabkan oleh tingkat keasaman yang tinggi, organ lambung dapat terlindungi. Untuk penderita maag, ada baiknya jika Kamu mengonsumsi kurma sebanyak tiga butir, baik ketika sahur maupun berbuka puasa.

Nasi tim

Foto: Ladiestory.id

Seperti yang sudah dituliskan di atas, para penderita maag disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut atau lunak supaya nantinya lambung dapat mencerna makanan dengan lebih mudah. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan lembut, sistem pencernaan Kamu tidak akan bekerja terlalu berat. 

Sebagai menu buka puasa, Kamu dapat mengonsumsi menu nasi tim yang dilengkapi dengan hidangan tahu atau tempe bacem sehingga kebutuhan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama puasa terpenuhi.

Kentang tumbuk

Ilustrasi irisan kentang. (Special)

Sebab kentang mengandung alkalin yang bisa menetralisir asam lambung, maka kentang tumbuk (mashed potato) adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk penderita maag. Dengan demikian, usai melangsungkan buka puasa, Kamu tidak akan merasakan sakit pada perut akibat maag. Energi Kamu selama puasa juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi mashed potato ini, loh!

Sayur Bayam Bening

Bayam. (Special)

Salah satu menu makanan berbuka puasa yang aman untuk penderita maag yaitu sayur bayam bening. Asam lambung Kamu akan aman ketika mengonsumsi makanan ini karena bayam tidaklah mengandung gas. 

Pencernaan juga dapat menjadi lancar karena bayam mengandung serat tinggi. Kandungan lainnya seperti kaya vitamin dan mineral dalam bayam juga baik untuk tubuh. Tubuh akan mudah mengendalikan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan jika sistem pencernaan berjalan lancar.

Ikan Panggang

Menggoreng Ikan Tanpa Lengket di Wajan (Special)

Penderita maag disarankan untuk mengonsumsi ikan karena ikan dapat menjadi sumber protein dan lemak yang baik untuk tubuh. Peradangan lambung akibat gastritis juga dapat dikurangi dengan adanya kandungan protein tanpa lemak dalam ikan.

Pilihlah ikan tuna, salmon, atau sarden dari semua jenis ikan. Dengan adanya kandungan kaya omega-3 dalam ikan tersebut, penderita maag tentunya dapat terbantu.

Dan jangan lupa, sebaiknya olah dengan cara dipanggang. Untuk menambah kandungan lemak sehat pada tubuh, panggang ikan dengan minyak zaitun dan kemudian hidangkan sebagai menu buka puasa.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel