1. Health
  2. 5 Manfaat Olahraga Berenang Untuk Kesehatan Tubuh
Health

5 Manfaat Olahraga Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Olahraga Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Berenang adalah salah satu jenis olahraga kardio yang memiliki manfaat untuk melatih kekuatan otot dan jantung. Dengan berenang secara rutin metabolisme tubuh akan meningkat dan jumlah kalori yang dibakar juga akan semakin banyak. 

Maka tak heran jika berenang menjadi olahraga yang direkomendasikan untuk mereka yang sedang menjalankan program diet. Tak hanya itu, masih ada banyak manfaat dari olahraga berenang yang lain bisa Anda peroleh. 

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan 

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga berenang untuk tubuh yang bisa Anda dapatkan: 

Membantu Memelihara Kesehatan Jantung 

Pertama, berenang dapat memberi manfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta paru-paru. Pernyataan ini berdasarkan penelitian dimana berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah  dan kemampuan tubuh dalam menggunakan asupan oksigen.

Sehingga manfaatnya tidak hanya untuk kesehatan jantung namun juga memelihara fungsi berbagai organ tubuh lain. Selain itu, olahraga renang juga dapat menurunkan risiko terkena serangan penyakit stroke dan jantung. 

Membantu Membangun Massa Otot 

Ketika Anda berenang, seluruh anggota tubuh Anda akan bergerak melawan tekanan di dalam air. Dengan demikian kelenturan dan massa otot dalam tubuh Anda akan meningkat. 

Selain itu, Berenang juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi dan sangat disarankan untuk penderita arthritis. Bahkan penelitian membuktikan bahwasannya berenang akan mengurangi risiko nyeri sendi pada penderita osteoporosis. 

Membantu Mengurangi Stres 

Manfaat berenang untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk mengurangi stres akibat pekerjaan atau masalah lainnya. Hal ini didukung oleh penelitian bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat tubuh jauh lebih rileks.

Meningkatkan Kualitas Tidur 

Sedang menderita kesulitan tidur atau insomnia? Coba kurangi dengan melakukan olahraga berenang. Penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur serta membuat tidur lebih nyenyak. 

Mengatasi Gangguan Syaraf Kejepit 

Syaraf kejepit merupakan sebuah keadaan yang membuat seseorang kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas.Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini justru akan melemahkan otot dan membuat sendi menegang.

Namun penyakit syaraf kejepit ini bisa diatasi dengan melakukan olahraga berenang. Gerakan-gerakan dalam renang dapat membuat otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks.

Tips Mendapatkan Manfaat Berenang Secara Maksimal 

Berenang memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda jika dilakukan secara terus menerus. Namun aktivitas ini bisa saja menimbulkan cidera jika tidak ada persiapan sebelum berenang. Dan berikut adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum berenang: 

  • Selalu gunakan pakaian renang yang pas dengan tubuh dan nyaman 
  • Bila perlu, gunakan kacamata renang untuk melindungi dari kandungan klorin dalam kolam renang yang membuat mata perih
  • Lakukan pemanasan sebelum Anda memasuki kolam renang 
  • Tetap penuhi kebutuhan air putih selama berenang 
  • Akhiri sesi berenang dengan pendinginan

Gerakan Pemanasan yang Bisa Dilakukan Sebelum Berenang 

Sama seperti sebelum olahraga, saat akan berenang Anda juga membutuhkan pemanasan. Ini bertujuan untuk mencegah risiko otot terkilir kram atau tertarik. Selain itu, pemanasan sebelum juga dapat mengatur pernafasan ketika sudah berada di dalam air. 

Berikut adalah beberapa bentuk pemanasan sebelum berenang yang bisa Anda lakukan: 

  • Skipping

Skipping adalah jenis pemanasan yang baik dan bisa Anda lakukan sebelum berenang. Selain skipping, Anda juga bisa mengganti gerakan seperti jogging atau melompat di tempat. 

  • Mengayunkan lengan

Selain skipping, lakukan gerakan pemanasan lain yaitu dengan mengayunkan kedua lengan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah merentangkan kedua kedua tangan dengan selebar mungkin. lalu ayunkan dengan gerakan memutar dengan sinkron antara tangan kanan dan kiri. 

  • Peregangan hamstring

Peregangan hamstring adalah gerakan pemanasan yang sangat baik untuk dilakukan sebelum berenang. Cara untuk melakukan gerakan ini adalah dengan menjaga dada selalu tegak. Kemudian pertahankan lengkungan di punggung bawah saat Anda mencondongkan tubuh ke depan, lalu tahan posisi tersebut selama beberapa detik. 

  • Hamstring curl

Cara ini bisa dilakukan dengan memposisikan kedua kaki di atas bola stabilitas lalu gerakkan pinggul ke atas. Setelah itu, usahakan otot inti serta perut tetap kencang kemudian tarik tumit ke arah tubuh, serta jaga agar pinggul Anda tetap tinggi.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel