5 Manfaat Mandi Air Dingin yang Jarang Diketahui

Rabu, 21 Februari 2024 | 10:47:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Mandi Air Dingin Yang Jarang Diketahui

Ilustrasi mandi. (Special)

Ladiestory.id - Ternyata, ada sederet manfaat mandi air dingin yang jarang diketahui lho. Penasaran apa saja daftarnya?  Ketika pagi hari udara masih terasa dingin, banyak diantara kamu mungkin lebih memilih menggunakan air hangat untuk menghilangkan stres maupun membantu tubuh lebih rileks. Kamu mungkin tidak menyukai mandi dengan air dingin karena kondisi yang bisa menyebabkan tubuh menjadi menggigil. 

Padahal, ada berbagai manfaat yang justru tersimpan dalam air dingin. Bahkan, bisa dikatakan sayang jika kamu lewatkan. Lalu, pertanyaannya apa aja sih manfaat mandi air dingin?

Nah, bagi kamu yang penasaran wajib banget simak pembahasan ini sampai akhir. Berikut, adalah informai yang dilansir dari stylecraze.com mengenai deretan manfaat mandi air dingin yang jarang dikethaui.

Menjaga Kelembaban Kulit 

Ilustrasi Memakai Pelembab Kulit. (Canva)

 

Jika ditanya, apa sih manfaat yang bisa didapat dari mandi air dingin? Maka, yang pertama adalah menjaga kelembaban kulit. 

Hal ini disebabkan adanya perubahan suhu air bisa mempengaruhi produksi sebum pada kulit. Jika kamu sering menggunakan air panas atau hangat ketika mandi. Justru yang terjadi adalah hilangnya minyak alami dan menyebabkan kulit menjadi kering. 

Selain untuk kulit tubuh, ternyata air dingin juga bisa membantu menjaga kesehatan pada rambut dan kulit kepalamu. Bahkan, ditemukan juga beberapa pengguna yang rutin menggunakan air dingin mengalami penurunan risiko munculnya garis halus maupun kerutan di wajah.

Meningkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Orang Bahagia (Pinterest.com)

 

Manfaat mandi air dingin yang jarang diketahui berikutnya yaitu meningkatkan suasana  hati. Hal ini mungkin terasa cukup mengejutkan bukan?

Namun, melalui uji klinis ditemukan bahwa mandi air dingin bisa membantu proses pengiriman impuls listrik ke otak. Proses ini dikirim melalui reseptor kulit yang mengaktifkan sistem saraf simpati. 

Apabila proses ini berjalan secara lancar. Maka, akan menimbulkan efek anti depresi atau bisa dikatakan gejala maupun resiko depresi apa seseorang bisa menurun. Alhasil, suasana hati bisa lebih terjaga dengan baik untuk membantumu beraktivitas sepanjang hari. 

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Tubuh Sehat. (iStock)

Jika kamu kerap merasakan sakit seperti flu, demam atau sekedar batuk. Maka, cobalah untuk mulai membiasakan diri mandi air dingin bahkan di pagi hari sekalipun. 

Sebab, sebuah survei yang telah melibatkan lebih dari 3000 orang dewasa. Ternyata, menemukan hasil berupa seseorang yang rutin mandi dengan air dingin mengalami peningkatan kualitas kesehatan.
Hal ini dikarenakan adanya peningkatan imunitas tubuh sebesar 29% dibandingkan sebelumnya. Tak hanya mengenai imunitas, para peserta juga merasakan adanya efek peningkatan energi. Sehingga, sangat cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas tinggi dan penuh tantangan senantiasa terjaga energinya dengan cara ini. 

Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh

Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat. (Flo Living)

 

Manfaat mandi air dingin yang jarang diketahui berikutnya yaitu melancarkan proses metabolisme tubuh. Penyebab kondisi ini sendiri terjadinya karena adanya lemak coklat panas yang aktif.
Sebagai informasi, lemak ini membantu menghasilkan panas pada tubuh dan menjagamu tetap hangat. Tak hanya itu, kondisi ini juga membantu meningkatkan proses pembakaran kalori untuk menghangatkan tubuh secara maksimal. 

Sehingga, cara ini sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh tetap lancar. Kamu pun menjadi lebih sehat dan bugar, bukan?

Menjadikan Tubuh Lebih Hangat

Ilustrasi semangat. (Special)

 

Kamu mungkin sering mendengar manfaat mandi air dingin satu ini. Jika kamu berpikir, mandi air dingin akan menimbulkan rasa tubuh yang menggigil. Maka, itu salah.

Sebab, ternyata, mandi dengan air dingin bisa membantu tubuhmu tetap hangat. Hal ini dikarenakan adanya paparan dingin yang menjadikan jaringan adiposa coklat pada bagian tubuh. 

Jaringan satu ini membantu menjaga suhu tubuh senantiasa hangat. Bahkan, jika tengah terasa menggigil. Maka, ada pengiriman ke tanda dari saraf ke otak yang mengakibatkan bagian adiposa coklat penghangat tubuh berkontraksi serta aktif.

Itulah tadi deretan manfaat mandi air dingin yang jarang diketahui. Semoga, informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya! (*)