5 Keuntungan Jika Suami-Istri Bekerja, Kondisi Finansial Terjamin Aman

Minggu, 21 Mei 2023 | 14:34:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Keuntungan Jika Suami-Istri Bekerja, Kondisi Finansial Terjamin Aman

Ilustrasi pasangan diskusi soal finansial. (Special)

Ladiestory.id - Setelah menikah, kamu dan pasangan akan memiliki peran dan tugas yang baru. Ada pasangan yang sepakat jika setelah menikah tugas mencari nafkah hanya dibebankan pada suami sementara istri hanya bertugas untuk mengatur rumah tangga. Sementara tak sedikit juga suami yang tetap mengizinkan istrinya untuk tetap berkarier. 

Masing-masing pandangan tersebut tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk karena memiliki kelebihan serta kekurangan. Nah, jika kamu tergolong pasangan yang sama-sama bekerja, percayalah hal tersebut bukan hal yang buruk kok.

Ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika suami istri sama-sama bekerja seperti yang telah dirangkum oleh Ladiestory.id berikut ini. 

Menguatkan Hubungan

Ilustrasi pasangan. (Special)

 

Saat kamu dan pasangan sedang sibuk dengan pekerjaan masing-masing, justru hal ini dapat menguatkan hubungan pernikahan kalian. Pasalnya, kamu dan pasangan dapat memahami kesibukan serta profesionalitas masing-masing. Sehingga kalian akan lebih mudah memahami kondisi pasangan dan tidak akan banyak menuntut. Masing-masing sudah paham bahwa pasangan sedang merasa lelah usai bekerja sehingga tidak ada waktu untuk menuntut hal yang neko-neko. 

Kondisi Finansial Aman

Ilustrasi merencanakan keuangan bersama pasangan. (Special)

 

Salah satu keuntungan jika suami dan istri sama-sama bekerja adalah memiliki dua sumber penghasilan. Hal inilah yang akan membuat kondisi finansial keluarga menjadi lebih aman karena tidak hanya berasal dari satu sumber saja.

Tak bisa dipungkiri, setelah menikah kebutuhan hidup akan semakin bertambah. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, biaya hidup orang tua, tabungan pendidikan, cicilan rumah dan juga cicilan kendaraan. Jadi, jika ada dua sumber penghasilan maka akan lebih memudahkan kamu dan pasangan dalam mengatur keuangan untuk kebutuhan dan juga untuk dana tabungan. 

Menghilangkan Galau saat LDM

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

 

Menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan setelah menikah tentu akan membuat kamu rindu dan juga galau. Kamu mungkin akan selalu berpikiran buruk tentang pasangan yang berada jauh darimu. Nah, jika kamu selalu berpikiran buruk maka bisa menimbulkan curiga berlebihan yang dapat menyulut pertengkaran rumah tangga. 

Namun, jika kamu fokus bekerja maka dapat mengurangi rasa galau karena LDM (Long Distance Marriage). Kamu tidak akan sempat berpikiran negatif karena harus fokus pada pekerjaan. Dan jika sama-sama memiliki waktu luang, maka tentunya akan kamu manfaatkan untuk melepas rindu dibandingkan harus galau. 

Mampu Kembangkan Diri

Ilustrasi life skill yang harus dipelajari perempuan. (Special)

 

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu rasakan jika kamu dan pasangan sama-sama bekerja adalah memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri. Kamu bisa lebih mengeksplorasi kemampuan yang kamu miliki begitu juga dengan pasangan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan support system terbaik dalam menggapai impian yang kamu miliki, yaitu pasanganmu sendiri.

Oleh karena itu, jika kamu termasuk tipe orang yang tidak cepat puas dengan kondisi yang kamu miliki saat ini, maka tetap berkarier setelah menikah adalah pilihan yang tepat. Namun, bukan berarti orang yang tidak bekerja setelah menikah juga tidak dapat mengembangkan diri. Karena kamu juga bisa mengembangkan diri melalui tugas-tugas rumah tangga maupun kegiatan sosial di masyarakat. 

Semakin Kompak

Ilustrasi bisnis bersama pasangan. (Special)

 

Meskipun kamu dan pasangan jarang bisa bersama karena kesibukan masing-masing, namun percayalah hal ini justru akan membuat kalian menjadi semakin kompak. Kamu dan pasangan akan sangat menghargai hari libur yang sangat terbatas. Sehingga kalian bisa melakukan sesuatu yang bermakna yang dapat menambah kekompakan.

Misalnya saja kegiatan sederhana seperti membersihkan rumah bersama atau pergi liburan akan membuat hubungan pernikahan menjadi semakin kompak dan harmonis.