1. Mom & Kids
  2. 5 Kesalahan Membeli Sepatu Balita yang Membuat Kaki Si Kecil Sakit
Mom & Kids

5 Kesalahan Membeli Sepatu Balita yang Membuat Kaki Si Kecil Sakit

5 Kesalahan Membeli Sepatu Balita yang Membuat Kaki Si Kecil Sakit

Ilustrasi Sepatu Balita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Membeli sepatu bagi balita tentu harus sesuai dengan ukuran kaki si kecil agar si kecil merasa aman dan nyaman saat bergerak. Tak hanya melindungi permukaan kaki, memilih sepatu balita yang tepat pun dapat mencegah gangguan bagi perkembangan si kecil. Oleh sebab itu, jangan memilih sepatu balita hanya karena terbujuk rayuan dari para reviewer di media sosial, selain itu jangan pula memilih sepatu balita karena ukuran yang pas-pasan dan model kekinian. Nah, berikut ini lima kesalahan yang sebaiknya dihindari saat membeli sepatu balita yang dapat membuat kaki si kecil sakit berikut ini.

Membeli dengan Ukuran yang Pas-pasan

Ilustrasi Mengukur Kaki Bayi. (Freepik.com)

Membeli sepatu dengan ukuran yang pas dan nyaman di kaki si kecil memang sangat disarankan. Akan tetapi banyak orang tua yang kurang mempertimbangkan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan tubuh si kecil, diantaranya bentuk kaki si kecil, lebar kaki, hingga ketebalan kaki. Alangkah lebih baik jika anda mengajak si kecil untuk mencoba sepatu tersebut secara langsung. Hindari membeli sepatu dengan ukuran yang pas-pasan, adapun kriteria sepatu yang pas yakni sisi kaki tidak tertekan, lubang sepatu sejajar dengan pergelangan kaki, ada jarak kurang lebih 1,5 cm antara ujung jari kaki dengan ujung sepatu, sepatu tidak selip saat keluar dari tumit dan saat dicoba untuk berjalan sepatu terasa nyaman digunakan dan tidak membuat si kecil tersandung.

Ukuran Sepatu Lebih Besar

Ilustrasi Sepatu Anak. (Freepik.com)

Selain ukurannya yang pas-pasan, membeli sepatu dengan ukuran yang lebih besar juga sebaiknya harus dihindari, lho. Yup, kebanyakan orang tentu beranggapan supaya sepatu tersebut bisa terus digunakan hingga ia tumbuh semakin besar serta sepatu tidak cepat sempit dan tidak perlu membeli sepatu baru lagi. Hal ini justru dapat membahayakan balita bahkan bisa membuatnya cedera, lho. Sebaiknya belilah sepatu balita dengan ukuran yang tepat dan nyaman digunakan saat beraktivitas.

Membeli Sepatu yang Kurang Aman

Ilustrasi Sepatu Anak. (Freepik.com)

Nah, disisi lain seseorang membeli sepatu hanya karena bentuk dan desainnya yang terlihat lucu dan unik. Tentunya hal ini pun akan terlihat keren saat si kecil menggunakannya. Sebaiknya utamakan kenyamanan dan keamanan si kecil saat beraktivitas apalagi saat ia sedang aktif berada diluar ruangan. Sepatu tanpa pengencang atau pengaman akan membuat jari kaki si kecil menjadi menekuk dan bekerja lebih keras sehingga ia berusaha mengimbangi tubuhnya supaya tidak terjatuh.

Membeli Sepatu Model Dewasa

Ilustrasi Sepatu Anak. (Freepik.com)

Kesalahan selanjutnya yakni membeli sepatu dengan model dewasa. Sebaiknya hal ini pun harus disesuaikan dengan usia di kecil. Jangan membelikan model sepatu yang justru membuatnya merasa tidak nyaman seperti sepatu hak tinggi, boots, pantofel dan sejenisnya karena dapat menghambat perkembangan si kecil dan mengurangi kemampuan saat ia berjalan.

Tidak Memahami Bahan yang Digunakan

Ilustrasi Sepatu Anak. (Freepik.com)

Kesalahan saat membeli sepatu selanjutnya yang harus dihindari ialah tidak memahami bahan dan kualitas dari sepatu yang digunakan. Biasanya seseorang memilih bahan yang nyaman dan harga murah yang terpenting kaki si kecil dapat terlindungi dan aman dari cedera saat berlarian atau berjalan. Bagi balita yang selalu aktif bergerak, sebaiknya pilihlah sepatu berbahan kulit, jaring, ataupun kain yang dapat membuat kaki si kecil tetap kering, sejuk dan terhindar dari bau tak sedap. Hindari sepatu berbahan plastik dan karet karena permukaannya yang sangat licin dan cepat membuat kaki si kecil menjadi berkeringat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel