1. Lifestyle
  2. 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Libur Kemerdekaan
Lifestyle

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Libur Kemerdekaan

5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Libur Kemerdekaan

Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Indonesia. (Special)

Ladiestory.id - Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat identik dengan kemerdekan Indonesia. Hampir seluruh daerah akan dipenuhi berbagai nuansa merah-putih.  Tahun ini adalah perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

Kamu juga pasti akan mulai melihat banyak orang mulai mempersiapkan berbagai perlombaan atau pertandingan di lingkungan rumah, bahkan kantor. Kira-kira kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan selama libur kemerdekaaan? Berikut lima ide kegiatan yang bisa kamu tiru.

Upacara Bendera 17 Agustus

Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Indonesia. (Special)

Bagi kamu yang masih bersekolah atau bekerja pada instansi pemerintahan. Tentu, masih mengalami Upcara Bendera pada hari Senin, bukan? Namun, bagi yang sudah tidak bersekolah dan bekerja di perkantoran non-pemerintahan, akan sangat sulit menemui hal semacam ini. Upacara merupakan kegiatan yang bisa menggugah rasa nasionalisme mu lho. Sebab, dalam upacara, terdapat agenda nasionalisme seperti, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membaca Pancasila, dan juga membaca undang-undang dasar 45. Sehingga, secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa nasionalitas dalam diri. Kamu bisa melakukan upacara kecil-kecilan di depan rumah bersama teman-teman.

Membuat Lomba Kecil-Kecilan

Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Indonesia. (Special)

Membuat lomba kecil-kecilan dapat membuat hari kemerdekaanmu bertambah meriah. Momen ini akan sangat tepat bagi kamu untuk mengikuti perlombaan dan pertandingan yang diadakan di lingkungan sekitar. Kamu tidak perlu memiliki keterampilan khusus, cukup memiliki percaya diri dan kegigihan untuk mencapai tujuan kamu dalam setiap pertandingan. Kamu juga tidak diharuskan untuk selalu menang.  Kamu bisa menghilangkan stress dan bersenang-senag dengann orang disekitarmu.

Melakukan Kegiatan Sosial

Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Indonesia. (Special)

Ada banyak cara untuk memaknai kemerdekaan Republik Indonesia ke- 77 tahun. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dalam lingkunganmu. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti, kerja bakti, membagikan sembako, mengumpulkn sumbangan atau menjadi volunteer dalam kegiatan sosial seperti mengajar anak-anak jalanan. Alangkah baiknya kegiatan seperti ini juga kamu lakukan di hari-hari lain.  Sehingga, segala dampak positif dan kebaikan selalu tersebar di sepanjang tahun.

Mengunjunngi Tempat Bersejarah

Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Indonesia. (Special)

Tanggal 17 Agustus merupakan hari libur nasional, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum, galeri lukisan, hingga Kawasan candi. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi kamu. Sebab, dengan mengunjungi tempat bersejarah kamu bisa menambah wawasan mengenai sejarah bangsa dan tentunya bisa lebih memahami makna kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa Indonesia. Jangan lupa, gunakan pakaian yang nyamn dan selalu jaga sopan santun saat berada di museum.

Menonton Film Bersejarah

Ilustrasi perayaan Kemerdekaan Indonesia. (Special)

Kamu juga bisa mengisi hari libur kemerdekaan dengan menonton film-film bertemakan patriotisme. Film yang mengangkat tokoh-tokoh pahlawan Indonesia seperti, "Soekarno", "Jenderal Soedirmn", hingga "Soegija". Namun, bagi kamu yang menyukai film bertema peperangan seperti "Battle of Surabaya" hingga "Merah Putih", film-film tersebut pun tidak kalah serunya dengan produksi dari Hollywood, lho! Selain menghibur, menonton film kemerdekaan akan membuatmu lebih menghargai Kemerdekaan Indonesia dan sikap patriotisme akan muncul.

Itulah lima kegiatan yang bisa kamu lakukan selama libur Kemerdekaan. Dijamin selain membuat kamu bahagia, rasa patriotisme juga semakin meningkat. Selamat mencoba ya, Ladies!

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel