1. Health
  2. 5 Kebiasaan yang Harus Diterapkan Agar Hidup Lebih Bahagia
Health

5 Kebiasaan yang Harus Diterapkan Agar Hidup Lebih Bahagia

5 Kebiasaan yang Harus Diterapkan Agar Hidup Lebih Bahagia

Ilustrasi Perempuan Bahagia. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kehidupan yang sudah semakin modern, membuat cara kerja sehari-hari juga menjadi cukup sibuk. Belum lagi bagi yang tinggal di perkotaan yang dikelilingi dengan kemacetan. Rutinitas seperti itu bisa saja membuat seseorang menjadi jenuh dan bosan, padahal tiap orang pasti menginginkan hidup yang bahagia.

Namun nyatanya, kebahagiaan juga bisa dihadirkan melalui hal-hal sederhana yang tak sulit untuk diterapkan sehari-hari.

Melansir CNN, seorang profesor psikologi terkemuka di Universitas California, Lyubomirsky, telah mempelajari kebahagiaan selama lebih dari 35 tahun. Ia mengungkapkan bahwa kebahagiaan memiliki dua komponen.

“Pengalaman emosi positif – jadi orang yang bahagia lebih cenderung mengalami kegembiraan, antusiasme, ketenangan, rasa ingin tahu, kasih sayang, kebanggaan – itu salah satu komponennya. Komponen kedua adalah perasaan bahwa hidup Anda baik, bahwa Anda puas dengan hidup Anda,” ungkap Lyubomirsky.

Nah, Lyubomirsky juga memberikan lima tips kebiasaan hidup yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan.

Ikuti Arusnya

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Untuk menjadi lebih bahagia, cukup ikutilah arusnya dan menjadi asyik dengan apa yang sedang dijalani saat ini. Tak perlu mengikuti kompetisi atau mencoba hal baru yang berisiko tinggi, tetapi cobalah lakukan sesuatu yang sederhana seperti memecahkan permasalahan di kantor, berjalan-jalan di lingkungan sekitar, atau menikmati hari dengan pasangan.

Lakukan Kebaikan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Luangkanlah waktu sejenak untuk melakukan hal-hal baik di sepanjang hari. Cobalah untuk bersikap baik kepada orang lain, karena hal ini akan membuat seseorang merasa murah hati dan mampu, serta membuat menjadi merasa bersyukur atas situasi diri sendiri.

“Hal ini juga memberikan kegembiraan kepada orang lain dan membuat mereka lebih menyukai Anda dan membalasnya pada saat Anda membutuhkan, yang pada gilirannya membantu memupuk harga diri Anda. Oleh karena itu, mempraktikkan tindakan kebaikan akan mengaktifkan apa yang oleh para psikolog positif disebut sebagai 'spiral ke atas',” terang Lyubomirsky.

Jaga Hubungan Baik

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Untuk meningkatkan kebahagiaan, hubungan pribadi juga memiliki dampak yang lebih besar daripada uang, jabatan, atau kesehatan.

“Menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan pasangan, pasangan, atau anak-anak Anda, atau berhubungan kembali dengan teman lama, adalah cara yang pasti untuk meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda sendiri dan orang lain,” kata Lyubomirsky.

Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Mengekspresikan rasa syukur akan mendorong seseorang untuk menghargai nasib baik dan membantu untuk menjalani sisa hari atau minggu tersebut. 

“Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan meluangkan waktu selama seminggu untuk mempertimbangkan tiga atau lima hal yang saat ini Anda syukuri,” kata Lyubomirsky. 

“Hal ini dapat dilakukan melalui kontemplasi ketika Anda akan tidur di malam hari atau selama perjalanan, dengan menulis jurnal, atau dengan berbagi pemikiran bersyukur Anda dengan orang terdekat,”

Rayakan Kabar Baik

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Berbagi kesuksesan dan prestasi dengan orang lain telah dikaitkan dengan peningkatan kegembiraan dan kesejahteraan. Jika ada suatu momen pencapaian dari orang terdekat, seperti pasangan atau sahabat, ucapkanlah selamat dan rayakan mereka.

“Cobalah menikmati kesempatan ini semaksimal mungkin. Menyampaikan dan bersukacita dalam kabar baik akan membuat Anda menikmati dan menikmati momen saat ini, serta membina hubungan dengan orang lain,” tuturnya.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel