1. Health
  2. 5 Jenis Buah Tinggi Kolagen yang Baik untuk Kesehatan Kulit
Health

5 Jenis Buah Tinggi Kolagen yang Baik untuk Kesehatan Kulit

5 Jenis Buah Tinggi Kolagen yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Ladiestory.id - Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kencang. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan  yang mengandung kolagen dan dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang ada dalam tubuh yang berfungsi untuk membentuk kulit sehat, tampak halus, serta menjaga elastisitas kulit. 

Pada dasarnya, tubuh dapat memproduksi sendiri kolagen namun jika produksi kolagen dalam tubuh kurang, maka perlu ditunjang dengan asupan ataupun makanan yang dapat meningkatkan kolagen. Salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen adalah buah.

Ladiestory.id telah merangkum lima jenis buah yang kaya kolagen dan bagus untuk kesehatan kulit. 

Buah Beri

Ilustrasi blueberry. (Special)

 

Jenis buah pertama yang tinggi kandungan kolagen adalah buah beri. Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Jenis buah ini berperan penting dalam meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Selain jenis buah ini juga memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar UV. 

Untuk mendapatkan manfaat dari buah beri ini, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi smoothies. Selain lezat, tentunya juga menyehatkan. 

Jeruk

Ilustrasi makan jeruk. (Special)

 

Jenis buah selanjutnya yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen adalah jeruk. Dalam jeruk terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Adanya kandungan ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga kulit tetap sehat dan kencang. Selain itu, vitamin C dalam jeruk juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari segala macam penyakit. 

Semua jenis jeruk umumnya memiliki kandungan vitamin C yang sama tingginya sehingga kamu bisa bebas mengonsumsi jenis jeruk sesuai dengan selera. Mengonsumsi jeruk secara rutin akan membuat kulit serta tubuhmu menjadi lebih sehat. 

Kiwi

Ilustrasi buah kiwi. (Special)

 

Buah kiwi merupakan buah tropis yang bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Buah ini memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam buah kiwi terdapat kandungan vitamin C yang tinggi dan zinc yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Nah, jika kamu ingin merasakan manfaat kiwi secara maksimal, kamu bisa mengonsumsi dua buah kiwi per hari. Lakukan secara rutin dan kamu akan mendapatkan kulit yang sehat serta kencang.

Nanas

Ilustrasi buah nanas. (Special)

 

Nanas termasuk jenis buah yang kerap diolah menjadi rujak buah ataupun asinan. Rasanya yang sedikit asam dan segar membuat nanas banyak diminati. Selain menyegarkan, nanas juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Nanas diketahui dapat memberikan proses produksi kolagen dalam tubuh. Pasalnya nanas mengandung vitamin C yang tinggi, dan juga zinc. Selain itu, terdapat juga kandungan zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Kamu bisa mengonsumsi nanas secara langsung dan rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kencang. Ataupun kamu juga bisa mengolahnya menjadi smoothies yang menyegarkan.

Jambu

Ilustrasi buah jambu. (Special)

 

Jenis buah yang terakhir yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen adalah jambu. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu yang berperan dalam produksi kolagen. Jika kolagen dalam tubuh meningkat, maka kulit akan menjadi sehat dan kencang. 

Agar kamu mendapatkan manfaat tersebut, maka kamu bisa mengonsumsi secara langsung tanpa harus dikupas, mengolahnya menjadi jus, ataupun dipotong dan dicampur dengan yogurt.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel