1. Health
  2. 5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati
Health

5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati

5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Liver atau hati adalah salah satu organ terbesar dalam sistem pencernaan yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh. Hati bekerja paling keras dalam tubuh seseorang, mulai dari mendetoksifikasi darah hingga memetabolisme nutrisi. Karenanya, sangat penting bagi seseorang untuk menjaga kondisi hati agar tetap sehat.

Pola makan memiliki peran yang signifikan dalam kesehatan hati, namun menambahkan olahraga teratur juga dapat memberikan efek yang baik bagi kondisi hati.

Melansir Times of India, berikut ini 5 latihan ringan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan hati.

Rutin Olahraga Minimal 30 Menit Perhari

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati: Olahraga Minimal 30 Menit Perhari. (Freepik.com)

 

Konsisten merupakan hal yang sangat penting dalam olahraga dan menjaga kesehatan hati. Berdasarkan sebuah studi berjudul “Dampak Olahraga Fisik terhadap Penyakit Hati Berlemak”, disebutkan bahwa aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari dapat meningkatkan fungsi hati.

Rutin berolahraga tak harus dilakukan di pusat kebugaran, hal ini bisa dilakukan dengan pilihan aktivitas yang sesuai dengan minat dan gaya hidup, miisalnya bersepeda, atau berjalan kaki. Hal ini akan membuat hati bekerja lebih efisien, dan bisa membantu mengurangi timbunan lemak dan  meningkatkan detoksifikasi.

Jalan Cepat

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati: Jalan Cepat. (Special)

 

Jalan cepat merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan hati. Jalan cepat berdampak rendah, sehingga aman bagi persendian, tetapi cukup kuat untuk meningkatkan detak jantung. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Penn State College of Medicine, latihan aerobik seperti jalan cepat dapat mengurangi lemak hati, yang sering dikaitkan dengan kondisi seperti penyakit hati berlemak. Usahakan untuk berjalan kaki selama 20-30 menit setiap hari.

Hiking

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati: Hiking. (Freepik.com)

 

Hiking bisa jadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Selain memberikan dorongan kardio, berjalan di medan yang tidak rata juga dapat melatih otot inti dan tubuh bagian bawah.

Hiking dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mendukung fungsi hati dengan membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain itu, berada di alam juga dapat mengurangi stres, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan hati, karena stres dapat bermanfaat bagi kesehatan hati. 

Push-up dan Squat

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati: Push Up & Squat. (Freepik.com)

 

Latihan yang melibatkan latihan kekuatan, seperti squat dan push-up, bermanfaat bagi hati. Latihan ini meningkatkan massa otot secara keseluruhan, yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme lemak dan glukosa. Dengan demikian, hati tidak terlalu terbebani oleh lemak. 

Melakukan serangkaian push-up dan squat setiap hari memperkuat inti dan tubuh bagian bawah, sekaligus mendukung kemampuan hati untuk memproses lemak dengan lebih efisien. Mulailah dengan jumlah yang kecil, dengan 10-15 repetisi, dan tingkatkan secara bertahap.

Pilates

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kesehatan Hati: Pilates. (Freepik.com)

 

Pilates merupakan bentuk latihan yang lembut namun efektif yang berfokus pada fleksibilitas, kekuatan, dan pernapasan yang terkendali. Latihan ini sangat cocok untuk meningkatkan kekuatan inti dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Karena hati berperan penting dalam menyaring darah, peredaran darah yang lebih baik dapat langsung memperbaiki fungsi hati. Pilates dapat membantu mengurangi stres, yang dapat berdampak positif pada kesehatan hati. Tambahkan sesi Pilates selama 15-20 menit beberapa kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Follow our
media updates!
Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel