1. Health
  2. 5 Cara Sederhana yang Dapat Dilakukan Untuk Atasi Perut Buncit
Health

5 Cara Sederhana yang Dapat Dilakukan Untuk Atasi Perut Buncit

5 Cara Sederhana yang Dapat Dilakukan Untuk Atasi Perut Buncit

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir tiap orang pasti menginginkan untuk memiliki perut yang rata, tetapi mengatasi perut buncit ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meski begitu, perjalanan untuk mendapatkan perut yang rata bisa dipermudah dengan melakukan beberapa tips tertentu.

Lemak perut biasanya membandel dan butuh waktu lama untuk dihilangkan. Selain itu, pengurangan lemak di beberapa bagian tubuh adalah mitos belaka, dan faktanya adalah bahwa penurunan berat badan secara keseluruhan harus menjadi tujuan akhir untuk gaya hidup sehat.

Melansir Healthshots, berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perut yang rata.

Latihan Kardio

Cara Sederhana Atasi Perut Buncit: Latihan Kardio. (Freepik.com)

 

Latihan kardiovaskular atau aerobik seperti berlari, melompat, berjalan, dan berenang merupakan cara yang bisa dilakukan untuk membakar kalori sekaligus meningkatkan kesehatan jantungnya. Latihan kardio ini sangat efektif untuk mengecilkan dan memperkuat bagian tengah tubuh seseorang. 

Menurut Science Direct, jika melakukan latihan aerobik secara konsisten dengan tingkat aktivitas fisik minimum yang direkomendasikan, dapat meningkatkan penurunan berat badan, bahkan tanpa mengurangi asupan kalori.

Tingkatkan Asupan Serat

Cara Sederhana Atasi Perut Buncit: Tingkatkan Asupan Serat. (Freepik.com)

 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, mengonsumsi lebih banyak serat dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang dalam waktu lama, hal ini dapat mengurangi keinginan makan yang tidak perlu selama dan di antara waktu makan. 

Follow our
media updates!

Serat juga sangat penting untuk kesehatan usus karena dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dengan memperlancar pergerakan tinja melalui usus. Sistem pencernaan yang sehat juga akan mengalami lebih sedikit kembung, sehingga perut tampak lebih ramping.

Kurangi Karbohidrat Olahan

Cara Sederhana Atasi Perut Buncit: Kurangi Karbohidrat Olahan. (Freepik.com)

 

Karbohidrat memang memiliki manfaat baik bagi tubuh, namun ternyata tidak semua karbohidrat menyehatkan. Tubuh kita mengubah karbohidrat tertentu seperti pasta putih dan roti menjadi glukosa. Ketika konsumsi glukosa seseorang melebihi jumlah yang dibutuhkan, tubuh menyimpannya sebagai lemak. Seseorang yang ingin memiliki perut ramping harus mencoba membatasi konsumsi karbohidrat olahan. 

Konsumsi Lemak Sehat

Cara Sederhana Atasi Perut Buncit: Konsumsi Lemak Sehat. (Freepik.com)

 

Asam lemak tak jenuh tunggal, yang disebut sebagai 'lemak baik', terdapat dalam lemak yang berbentuk cair pada suhu ruangan. Beberapa sumbernya yang menyehatkan seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji wijen. Berdasarkan tinjauan sistematis tahun 2016 oleh Asosiasi Diabetes Amerika, ditemukan bahwa diet yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menghilangkan kelebihan berat badan.

Aktif Bergerak

Cara Sederhana Atasi Perut Buncit: Aktif Bergerak. (Freepik.com)

 

Seseorang yang ingin menghilangkan lemak perut dapat mencoba memasukkan lebih banyak gerakan ke dalam hidup mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti melakukan lebih banyak aktivitas dan gerakan sepanjang hari, terutama jika mereka memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka duduk. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel