1. Lifestyle
  2. 5 Cara Mudah Kurangi Stres, Bisa Dilakukan Di Rumah
Lifestyle

5 Cara Mudah Kurangi Stres, Bisa Dilakukan Di Rumah

5 Cara Mudah Kurangi Stres, Bisa Dilakukan Di Rumah

Ilustrasi Stres Bekerja. (iStock)

Ladiestory.id - Memasuki usia remaja hingga dewasa tentu kamu kerap dilanda stres. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui cara mudah kurangi stres yang bahkan bisa kamu lakukan meski di rumah saja. 

Ketika kamu mulai menjadi pelajar, mahasiswa maupun pekerja tentu sering mengalami kondisi diri yang mudah cemas. Berawal dari kecemasan inilah kemudian kamu merasa stres hingga kehilangan motivasi. Alhasil, pekerjaan yang kamu lakukan menjadi tidak kunjung selesai atau kamu tidak lagi merasa semangat.

Karena kurangnya informasi mengenai cara mudah kurangi stres. Alhasil, kamu sering terjebak dalam kondisi ini hingga bertahun-tahun lamanya. Kemudian, kamu pun menjadi kesulitan untuk produktif. 

Nah, berikut rangkuman khusus untuk kamu yang melansir dari Verywellmind.com. Khususnya mengenai cara mudah kurangi stres yang bisa di lakukan di rumah. Yuk, simak sampai akhir!

Meditasi

Ilustrasi Meditasi. (iStock)

Cara mudah kurangi stres yang pertama adalah melakukan meditasi. Hal ini sangat mudah untuk kamu praktekan di rumah bukan?

Meski sering dianggap sepele. Nyatanya, meditasi mampu membantu seseorang menekan stres dalam jangka pendek. Tak hanya itu, cara ini juga melatih seseorang dapat memanajemen stres. 

Kamu bisa melakukan meditasi dengan membiasakan diri mendengarkan afirmasi positif sambil berlatih olah napas. Hal ini dapat membantu melatih indra tubuh. Sehingga, lebih mudah dalam mengendalikan stres maupun mencegah memikirkan hal-hal yang diluar kemampuanmu.

Lakukan Kegiatan Kreatif

Ilustrasi Mewarnai. (iStock)

Seseorang yang stres kerap kali mengabaikan hobi yang dia sukai. Padahal hal ini merupakan salah satu cara mudah kurangi stres.

Sebab, dengan melakukan kegiatan kreatif kamu bisa membantu mengurangi stres yang kerap menumpuk. Misalnya, hobi melukis, mewarnai atau bahkan merajut. Kamu bisa memulainya dengan menonton video tutorial atau bergabung dengan komunitas tertentu. 

Jika kamu ingin melakukannya sendiri di rumah kamu bisa membeli beberapa keperluan yang mendukung kegiatan hobimu. Lakukan dengan rutin dan kamu akan merasakan hasil yang signifikan. 

Berolahraga Ringan

Ilustrasi Olahraga. (iStock)

Cara mudah kurangi stres yang tak kalah penting adalah berolahraga ringan. Pada latihan kali ini kamu pun bisa melakukannya di rumah. Kamu cukup melakukan gerakan relaksasi otot.

Hal ini dapat membantumu dalam mengurangi tingkat stres akibat dari berbagai tekanan diri. Kamu bisa mencobanya dengan menarik napas yang dalam beberapa kali. Selanjutnya, kamu bisa berlatih untuk mengencangkan serta mengendurkan otot. 

Bisa dimulai dari bagian dari hingga ke area jari-jari kaki. Cara yang sangat mudah di praktekan ini dapat membantumu terhindar dari keterangan dan membuatmu lebih rileks. Sehingga, tak ada lagi rasa stres yang mengganggu. 

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Ilustrasi Makanan Bergizi. (iStock)

Siapa yang menyangka, ternyata mengkonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan salah satu cara mudah kurangi stres. Hal ini pun sangat mudah kamu lakukan di rumah.

Nyatanya, makanan dapat mempengaruhi seseorang dalam segi emosional. Misalnya, makanan yang tinggi lemak maupun gula dapat memicu seseorang menjadi lebih mudah stres dalam jangka panjang. Bahaya bukan?

Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan olahan maupun instan dan ganti dengan sayuran maupun buah segar. Kamu bisa mulai mengkonsumsi telur, alpukat atau kacang kenari untuk tetap menutrisi tubuh dan mencegah terjadinya stres. 

Nikmati Aromaterapi yang Menenangkan

Ilustrasi Aromaterapi. (iStock)

Cara mudah kurangi stres yang terakhir dengan menikmati aromaterapi yang menenangkan. Kamu bisa memilih beberapa jenis aromaterapi yang disukai. 

Kemudian, gunakan aroma ini setiap malam. Alhasil, kamu bisa merasa lebih rileks dan bebas dari stres. Selain itu, di keesokan harinya kamu menjadi lebih berenergi untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Sebuah penelitian bahkan menemukan bukti bahwa aromaterapi mampu membantu mengubah gelombang otak menjadi rileks dan menurunkan jumlah hormon stres. Masukan aromaterapi ke dalam diffuser, sangat cocok untuk kamu gunakan apalagi di kondisi polusi udara maupun cuaca panas seperti saat ini.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel