1. Lifestyle
  2. 5 Cara Mudah Agar Perhiasan Kembali Bersih dan Kinclong
Lifestyle

5 Cara Mudah Agar Perhiasan Kembali Bersih dan Kinclong

5 Cara Mudah Agar Perhiasan Kembali Bersih dan Kinclong

Tips membersihkan perhiasan. Biasanya setelah lama bertahun-tahun digunakan, kilau perhiasan bisakan akan memudar. Hal ini diakibatkan oleh seringnya perhiasan terkena debu, air, bergesekan dengan kulit, atau tersimpan begitu saja di dalam kotak perhiasan. Memudarnya warna perhiasan seperti liontin, cincin, atau kalung tentunya saja membuat pemilik malas mengenakan kembali, atau terkadang jadi berniat untuk membeli liontin hati, kalung, cincin permata yang baru.

Sebenarnya tak perlu risau bila perhiasan kesayangan kita sudah mulai pudar warnanya. Karena ada cara mudah agar perhiasan bersih dan kembali kinclong. Dengan cara ini bahkan kamu tak perlu mengeluarkan biaya lagi, lebih mudah praktis dan cepat. Apa saja cara yang bisa kita lakukan? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti

?

1. Menggunakan Bir

Caption

Menurut penulis di majalah Chesmistry World, yakni Ben Vaster, kandungan alkohol yang terdapat pada bir bisa menghilangkan semua jenis minyak dan lemak yang melekat pada emas. Tak hanya itu, kandungan gas karbon dioksida yang terdapat dalam kaleng atau botol bir juga dapat mengangkat partikel-partikel kotoran pada perhiasan. Cara membersihkan koleksi liontin hati, cincin, atau kalung dan perhiasan lainnya adalah dengan menuangkan cairan bir ke dalam sebuah wadah, lalu masukan perhiasan ke dalamnya. Gosok, hingga bersih kemudian lap dengan kain kering yang bersih. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil maksimal.

?

2. Menggunakan pasta gigi

Caption

Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga mengandung bahan kimia yang dapat mengubah tekanan pada permukaan cairan. Menurut Ben Vasler, odol mampu mengangkat kotoran yang melekat pada permata di liontin atau cincin. Namun, disarankan agar lebih berhati-hati saat menggosok permukaan permata. Jika perelat batu cincin menggunakan lem, hindari menggosoknya terlalu keras karena dapat melonggarkan posisi permata cincin.

Cara membersihkan perhiasan dengan pasta gigi adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke permukaan lembut, kemudian gosokan selama kurang lebih tiga menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Hasilnya perhiasan akan terlihat lebih berkilau.

?

3. Menggunakan Vodka

Caption

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama bahwa alcohol merupakan bahan yang cukup ampuh untuk membersihkan perhiasan agar kembali mengkilap. Nah, tingginya alcohol pada vodka juga bisa menghilangkan debu dan lemak yang membandel. Kamu bisa menggunakan vodka untuk membersihkan liontin, cincin, kalung dan perhiasan lainnya. Tapi ingat, jangan membersihkan mutiara dengan vodka, karena bisa merusak.

?

4. Menggunakan saus tomat

Caption

Mungkin kedengarannya sedikit aneh, namun nyatanya saus tomat dapat diandalkan untuk mengembalikan kemilau perhiasan. Yah, kombinasi cuka dan tomat dalam saus mengandung zat asam yang tinggi. Sehingga kandungan tersebut sangat bagus digunakan untuk menghilangkan noda pada perhiasan perak. Biasanya noda yang terdapat pada perhiasan perak diakibatkan oleh adanya reaksi terhadap hydrogen sulfide dalam udara.

Selain itu, perak juga mudah berkarat. Dengan menggunakan saus tomat noda karat yang melekat pada perak dapat hilang maksimal. Caranya kamu cukup memasukan saus tomat ke dalam mangkuk dan kemudian celupkan perhiasan perak anda ke dalam cairan tersebut. Setelah 10 menit angkat dan basuh dengan air dingin.

?

5. Menggunakan pembersih kaca

Caption

Pembersih kaca pada umumnya mengandung alkohol atau asam yang berfungsi seperti cuka. Dimana cairan pembersih ini juga bisa digunakan untuk membersihkan liontin, cincin, gelang. Seperti halnya saus tomat dan vodka cairan pembersih kaca juga mampu mengangkat kotoran dan karat yang menempel pada perhaisan. Tapi harus berhati-hati yah, karena cairan pembersih itu biasanya mengandung zat kimia yang lebih keras, jadi sebaiknya gunakan pembersih kaca hanya untuk cincin sejenis rubi.

?

Nah, dengan langkah-langkah di atas kamu tak perlu khawatir lagi dengan perhiasan yang sudah kusam atau kotor. Kamu juga tak perlu pergi ke toko perhiasan untuk menggunakan jasa membersihkan emas. Jadi, kini kamu tak perlu bersusah payah lagi ketika kamu akan pergi ke pesta atau acara teman tapi perhiasanmu masih kotor. Cukup dengan cara mudah ini, kamu sudah bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel