1. Lifestyle
  2. 5 Cara Melawan Rasa Insecure yang Mudah untuk Dicoba
Lifestyle

5 Cara Melawan Rasa Insecure yang Mudah untuk Dicoba

5 Cara Melawan Rasa Insecure yang Mudah untuk Dicoba

Ilustrasi Insecure. (iStock)

Ladiestory.id - Ketika seseorang mengalami hari yang buruk seringkali mudah merasa insecure. Sebab, timbul adanya perasaan tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar atau sempurna. Nah, ternyata ada lho cara melawan rasa insecure yang mudah untuk dicoba.

Perasaan insecure tentunya akan menjadi buruk ketika berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan, dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan. Mulai dari kesehatan secara fisik maupun mental hingga performa keseharianmu baik dalam bekerja atau berinteraksi sosial. Apalagi, jika insecure dalam menjalani hubungan romantis tentu akan berdampak pada kestabilan komunikasimu dengan pasangan.

Nah, supaya tidak terus berlanjut hingga mengganggu kehidupanmu. Melansir dari Healthline.com ada beberapa cara melawan rasa insecure yang mudah untuk kamu coba. Apa aja? Yuk, simak sampai akhir Ladies!

Ingat Kembali Kelebihanmu

Ilustrasi Menolong Orang Tua. (iStock)

Cara melawan rasa insecure yang mudah untuk kamu coba pertama adalah dengan mengingat kembali kelebihanmu. Seringkali banyak orang yang berpikir bahwa kelebihan hanya seputar harta, jabatan maupun pendidikan. Padahal, ada banyak hal kecil yang bisa kamu anggap menjadi kelebihanmu. 

Misalnya, cobalah untuk mengingat kembali kelebihanmu dan membantu tetangga membawa belanjaan berat. Bisa juga seperti kebaikanmu berbagai sedikit rezeki pada orang lain yang membutuhkan. Jadi, mulailah untuk kembali mengingat kelebihanmu sekecil apapun. Sehingga, rasa percaya dirimu bisa kembali hadir. 

Penuhi Kebutuhan Dirimu

Ilustrasi Bersantai. (iStock)

Apakah kamu sudah melakukan rutinitas merawat diri hari ini? Jika belum, maka kamu wajib memulainya. Sebab, ini akan menjadi salah satu cara melawan rasa insecure yang mudah untuk kamu coba.

Seringkali seseorang yang insecure dikarenakan terlalu banyak mengkhawatirkan hal-hal yang di luar kendalinya. Nah, supaya kamu mengurangi pemikiran tersebut. Kamu perlu mulai merambah selfcare ke dalam rutinitas harian mu. 

Misalnya, lakukan pijatan lembut ke tubuh maupun wajah, olahraga ringan selama 30 menit, kurangi screen time mu dalam sehari, hingga manjakan diri dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Tujuan cara ini sendiri membantumu teralihkan dari pikiran yang insecure.

Mulai Hilangkan Rasa Malu

Ilustrasi Presentasi. (iStock)

Sebagian penderita insecure sangat rentan menjadi malu. Alhasil, kehidupan menjadi hanya meraba saja dan tidak dapat merasakan serta menjalankannya secara penuh. Namun, ketika kamu mulai menghilangkan rasa malu kamu akan terbantu dan mampu menjadi lebih nyaman. 

Nah, salah satu cara melawan rasa insecure yang mudah untuk kamu coba yaitu dengan menertawakan diri ketika kamu mulai merasa malu. Lalu, cari tahu mengapa kamu sering mengalami rasa malu atau canggung. 

Lawan Pikiran Negatifmu

Ilustrasi Wanita Bahagia. (iStock)

Cara melawan rasa insecure yang mudah untuk kamu coba yang berikutnya adalah dengan melawan pikiran negatif. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengurangi berbagai gangguan dalam pikiranmu. 

Mungkin kamu sangat mudah menghakimi diri sendiri ketika tidak berhasil meraih sesuatu yang diinginkan. Namun, sayangnya merasa sulit ketika harus menerima hal tersebut.

Nah, kamu bisa mulai menggunakan cara melawan pikiran negatif. Beberapa diantaranya seperti melalui memaafkan diri sendiri. Kemudian, tuliskan pikiran negatif yang muncul dan cari tahu solusi terbaik menurutmu. Evaluasi kembali perkembangan mu dalam melawan ini. Sehingga, kamu dapat mengetahui pengalam positif apa yang sudah kamu dapatkan dan miliki. 

Habiskan Waktu Bersama Orang Tercinta

Ilustrasi Makan Malam Bersama. (iStock)

Jika kamu memiliki beberapa anggota keluarga, teman atau pasangan yang sangat mendukungmu dan melindungimu selama ini. Terutama dengan limpahan kasih sayang dan dukungan yang mebangun kepercayaan dirimu. Sekaligus menerimamu apa adanya. Maka, jangan sia-siakan.

Cara melawan rasa insecure yang mudah untuk kamu coba yang terakhir adalah dengan menghabiskan waktu bersama orang tercinta. kamu bisa memulainya dengan membuat rencana makan malam bersama atau hanya sekedar berbincang ringan di coffee shop pada sore hari. Cara ini sangat efektif dalam embanun rasa pecaya dirimu dengan melihat dirimu sendiri melalui pandangan orang lain yang selalu menghargai dan membantumu.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel