1. Beauty
  2. 5 Cara Hilangkan Flek Hitam Wajah dengan Bahan Alami, Mudah Lho!
Beauty

5 Cara Hilangkan Flek Hitam Wajah dengan Bahan Alami, Mudah Lho!

5 Cara Hilangkan Flek Hitam Wajah dengan Bahan Alami, Mudah Lho!

Ilustrasi Flek Hitam di Wajah. (iStock)

Ladiestory.id - Flek hitam kerap menjadi hal yang sangat mengganggu bagi siapapun yang memilikinya. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan di rumah?

Ketika kondisi kulit menghasilkan lebih banyak melanin. Maka, akan memicu timbulnya masalah bercak hitam di kulit yang eih sering dikenal sebagai flek hitam. Sayangnya, kondisi ini masih sering diasosiasikan dengan seseorang yang sudah berusia lanjut. 

Padahal, bisa saja pada usia muda pun kamu mengalaminya. Alhasil, ketika flek hitam sudah muncul kepercayaan menjadi menurun. Sebab, riasan pun tak bisa lagi menutupinya dengan sempurna. 

Nah, untuk mencegahnya kamu perlu melakukan perawatan dengan baik. Salah satunya dengan cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami. Berikut ini petunjuk lengkapnya yang bisa kamu coba.

Cuka Apel

Cuka Apel. (Freepik)

 

Pada urutan pertama dari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami adalah menggunakan cuka apel. Bahan alami yang diproses dari ekstraksi apel ini sudah banyak tersedia dalam kemasan botol yang praktis. Lalu, bagaimana cara pakainya?

Pertama, kamu hanya perlu tuangkan cuka sari apel sebanyak 2 sendok dan tambahkan air 3 sendok ke dalam mangkuk yang sama. Jika sudah, aduk hingga keduanya tercampur dan lanjut dengan mengoleskannya ke wajah. 

Dianjurkan kandunganya menyerap selama 5 menit. Terakhir, segera bilas wajah dengan air dan lakukan cara ini secara rutin 2 kali dalam seminggu. 

Namun, bagi pemilik kulit sensitif tidak didasarkan mencoba cara ini ya. Jika kamu ingin mencobanya, lakukan konsultasi dengan ahli kulit terlebih dahulu. 

Kulit Bawang Merah 

Ilustrasi bawang merah. (Special)
 
Siapa yang menyangka, bahwa dengan menggunakan kulit bawang merah dapat menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami. 

Bumbu dapur yang biasa terdapat di rumah ini bisa kamu proses dengan memblendernya hingga menjadi masker. Lalu, cukup tambahkan dengan madu. Maka, akan menjadi masker alami yang baik untuk menghilangkan flek hitam. 

Namun, jika kamu tidak suka dengan cara ini karena takut mata terasa perih atau iritasi. Maka, kamu bisa memilih produk penghilang flek hitam yang praktis dengan kandungan allium cepa. 

Teh Hijau

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)
 

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan ekstrak teh hijau. Menurut dari beberapa hasil penelitian, ditemukan bahwa dengan penggunaan ekstrak teh hijau ternyata dapat mengatasi masalah flek hitam di wajah dan perubahan pigmentasi di kulit. Adapun cara mudah yang bisa kamu gunakan dari bahan ini diantaranya;

Cukup dengan merendamnya 1-2 kandong teh hijau dalam air yang mendidih selama 5 mniy. Selanjutnya, kamu bisa mengeluarkan kantong teh dan biarkan kembali ke suhu normal. Selanjutnya, gunakan kantong teh dengan menempelkannya ke bagian wajah yang memiliki flek hitam. Lakukan minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal. 

Lidah Buaya

Lidah Buaya (Special)

 

Apakah kamu memiliki tanaman lidah buaya di rumah? Jika iya, sangat sampai cara satu ini terlewat. 

Sebab, lidah buaya memiliki kandungan berupa aloin. Kandungan zat ini bekerja untuk mencegah terjadinya pigmentasi yang memicu masalah flek hitam. Zat ini pula ditemukan para peneliti berfungsi aktif dalam mencerahkan dan mengatasi masalah hiperpigmentasi. Lalu, bagaimana cara pakainya?

Pertama, kamu hanya perlu menggunakan gel lidah buaya secukupnya. Kemudian, oleskan pada bagian wajah yang mengalami flek hitam. Biarkan kandungannya menyerap sepanjang alam. Terakhir, kamu bisa bilas wajah dengan air hangat di pagi hari. Mudah bukan?

Susu

Susu (Special)
 

Pada urutan terakhir dari cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami adalah susu. Produk satu ini ternyata ditemukan efektif dalam menyamarkan tampilan flek hitam lho. 

Sebab, ada kandungan asam laktat yang diketahui mengatasi masalah perubahan pigmentasi. Berikut ini cara pakai yang bisa kamu praktekkan. 

Pertama, gunakan susu steril ½ cangkir. Lalu, celupkan 2 lembar kapas dan tiriskan. Jika sudah, tempelkan di wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hingga bersih. 

Lakukan cara di atas secara rutin minimal 2 kali dalams eminggu. Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif tidak disarankan mencoba cara ini. 

Tentunya, semua orang ingin hasil yang cepat. Hal ini pun bisa terlihat banyaknya pencarian mengenai cara menghilangkan flek hitam dalam semalam. Namun, konsistensi pastinya adalah kunci. 

Nah, bagi kamu yang memiliki alergi atau terdapat masalah kulit sebelumnya. Perlu untuk melakukan konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu. Sehingga, efek samping yang tidak diinginkan bisa dicegah sejak dini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel