1. Lifestyle
  2. 5 Cara Bersihkan Rumah Usai Libur Lebaran 2023
Lifestyle

5 Cara Bersihkan Rumah Usai Libur Lebaran 2023

5 Cara Bersihkan Rumah Usai Libur Lebaran 2023

Ilustrasi asisten rumah tangga. (Special)

Ladiestory.id - Ketika libur lebaran telah berakhir, tentunya rumah yang dijadikan sebagai tempat untuk silaturahmi seringkali menjadi berantakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara membersihkan rumah usai libur lebaran.

Terkadang, karena rasa lelah yang mendera, malas pun menjadi halangan untuk melakukan pekerjaan beberes. Nah, supaya kamu tak pusing untuk memulai dari mana, yuk simak lima cara membersihkan rumah usai libur lebaran 2023 berikut ini.

Perhatikan Kebersihan Kaca

 

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

 

Cara membersihkan rumah usai libur lebaran yang pertama adalah dengan memperhatikan kebersihan kaca. Seringkali bagian ini disepelekan oleh sebagian orang. Padahal, kaca merupakan area penting yang menampilkan bersih tidaknya sebuah hunian.

Supaya kamu semakin mudah saat membersihkannya. Kamu dapat menggunakan koran bekas yang sudah tidak dipakai. Caranya dengan membasahi koran menggunakan air dan pakailah sebagai alat pembersih kaca. Kamu juga dapat menggunakan spray khusus pembersih kaca untuk membuat tampilan kaca lebih mengkilap.

Namun, bagi kamu yang mengalami permasalahan kaca kamar mandi menjadi buram. Kamu dapat menggunakan air panas kemudian diolesi dengan sampo. Kemudian, tunggu sampai hingga mengering selanjutnya bisa kamu siram kembali menggunakan air panas yang telah kamu siapkan.

Bersihkan Furniture Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

 

Cara membersihkan rumah usai libur lebaran selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan furniture. Tentunya, usai digunakan untuk berbagai acara banyak debu yang menyelimuti furniture ruhmu bukan?

Nah, untuk mengatasi masalah ini kamu dapat membersihkan kayu dengan menggunakan campuran minyak zaitun dengan perasan lemon. Cairan ini bisa juga digunakan untuk membersihkan debu di area sofa. Namun, bagi kamu yang memiliki sofa berbahan kain. Dianjurkan untuk menggunakan sikat bulu atau vacuum cleaner. Sebab, cara ini dinilai lebih efektif dalam mengangkat kotoran maupun debu yang tertinggal di serat-serat kain pembungkus sofa milikmu. Sedangkan, untuk sofa yang berbahan kulit dapat menggunakan lap microfiber yang lembab namun tidak terlalu basah. 

Hilangkan Kotoran dari Lantai

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

 

Cara membersihkan rumah usai libur lebaran yang tak kalah penting yaitu menghilangkan kotoran dari lantai. Setelah digunakan untuk berbagai acara silaturahmi, tentunya lantai menjadi berbau dan lengket. 

Supaya kamu mudah untuk membersihkannya. Kamu dapat menggunakan dua sendok makan deterjen favoritmu dan campurkan dengan satu ember air. Diketahui, campuran satu ini sangat efektif untuk membantu menghilangkan sensai lengket. Bahkan dapat membuat lantai menjadi lebih bersinar. Selain menggunakan detergen, kamu juga dapat menambahkan pewangi untuk memberikan sensasi aroma pada lantai rumahmu.

Bersihkan Area Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi. (Special)

 

Cara membersihkan rumah usai liburan yang tidak boleh terlupakan yaitu memperhatikan area kamar mandi. Ruangan ini menjadi bagian penting dalam sebuah rumah. Sebab, kamar mandi merupakan tempat dimana manusia membersihkan diri. Jadi, jika ruangan ini kotor tetunya kebersihan tubuh tidak dapat dilakukan secara maksimal. 

Oleh karenanya, sangat penting untuk mulai membersihkan kamar mandi terlebih dahulu sebelum seluruh anggota keluarga memulai aktivitasnya kembali.

Hilangkan Debu pada Benda Stainless Steel

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

 

Cara membersihkan rumah usai libur lebaran 2023 yang terakhir adalah dengan menghilangkan debu pada benda stainless steel. Tak hanya peralatan makanan saja, namun juga segala benda yang terbuat dari stainless steel. Mulai dari panci, oven, koper, kulkas hingga peralatan masak lainnya.

Kamu dapat menggunakan detergen lembut dan spons untuk mencuci seluruh peralatan berbahan stainless steel ini. Jangan lupa, usai dicuci segera bilas dan keringkan. Supaya lebih mengkilap, kamu juga dapat menggunakan cuka putih yang dicampur dengan sedikit air. Kemudian, gosok secara perlahan spons tersebut dan bilas serta keringkan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel