1. Lifestyle
  2. 5 Cara Atasi Social Anxiety Disorder yang Bisa Kamu Lakukan
Lifestyle

5 Cara Atasi Social Anxiety Disorder yang Bisa Kamu Lakukan

5 Cara Atasi Social Anxiety Disorder yang Bisa Kamu Lakukan

Ilustrasi Social Anxiety Disorder. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, fobia akan situasi sosial atau yang dikenal dengan istilah social anxiety disorder dapat menimbulkan rasa takut, kecemasan dan situasi tak nyaman pada seseorang yang mengalami kondisi ini.

Social anxiety disorder berbeda dengan kondisi seseorang yang merasa gugup atau canggung saat presentasi ataupun bertemu orang banyak didepan publik.

Bagi seseorang yang mengalami social anxiety disorder ini akan merasa takut dan cemas berlebih dari jauh-jauh hari ketika ia hendak melakukan presentasi, sehingga seseorang yang mengalami kondisi ini akan melakukan berbagai cara untuk menghindari hal tersebut terjadi tentunya hal ini pula akan berdampak buruk kepada kehidupan sehari-hari maupun aktivitas produktif yang ia lakukan.

Bagi kamu yang mengalami social anxiety disorder, kamu bisa mengatasinya dengan lima cara berikut ini, Ladies.

1. Coba Latih Pernapasanmu

Ilustrasi Latih Pernapasan. (Special)

 

Seseorang yang tiba-tiba mengalami social anxiety disorder akan merasakan jantung berdetak kencang bahkan pernapasan pun terasa lebih cepat. Saat terjadinya kondisi ini maka kadar oksidan dan karbon dioksida dalam tubuhmu pun akan terganggu sehingga menimbulkan berbagai gejala kecemasan lainnya seperti sesak napas, pusing, keringat keluar lebih banyak, jantung berdebar, bahkan otot-otot tubuh menjadi tegang. Cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan mencoba melatih pola napasmu untuk mengontrol kecemasan dan mengurangi perasaan cemas berlebihan dalam dirimu.

2. Lawan Pikiran Negatif

Ilustrasi Lawan Pikiran Negatif. (Special)

 

Seseorang yang mengalami social anxiety disorder kerap mengalami berbagai pikiran negatif dalam dirinya, maka tak jarang ia pun merasa cemas dan menakuti dirinya sendiri akan sesuatu hal yang belum tentu terjadi. Selain itu, seseorang dengan kondisi social anxiety disorder ini pula kerap mengkhawatirkan pikiran-pikiran maupun komentar dari orang lain terhadap dirinya, bahkan ia pun akan memandang komentar dari orang lain berupa tanggapan negatif yang akan diberikan kepadanya. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini kamu harus mencoba melawan pikiran negatif tersebut dan berani mengubah sesuatu yang kamu anggap buruk menjadi pikiran positif yang bisa memberikan pengaruh baik pada dirimu.

3. Bersikap Tenang dan Fokus

Ilustrasi Tenang dan Fokus. (Special)

 

Kecemasan dan rasa takut yang berlebihan tentu kerap mengalami seseorang yang mengidap social anxiety disorder, rasa cemas dan takut ini justru semakin membuatmu terpuruk bahkan kamu tidak bisa tampil dengan maksimal. Jika hal ini terus terjadi maka kamu pun akan tumbuh menjadi seseorang yang selalu takut dan tidak percaya diri.

Maka dari itu, cobalah untuk bersikap tenang dan fokus dalam menghadapi segala situasi. Kamu bisa belajar membuat pikiran dan tubuhmu menjadi rileks dengan melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan mood mu seperti mendengarkan lagu favorit, menghirup aromaterapi, perbanyak minum air putih dan istirahat cukup untuk mengembalikan semangatmu.

4. Melatih Diri Berada di Situasi Sosial

Ilustrasi Berada Dalam Kelompok Sosial. (Special)

 

Tidak perlu tergesa-gesa untuk berubah menjadi pribadi yang dapat langsung bersosialisasi, kamu bisa melakukan cara ini secara perlahan dengan memberanikan dirimu untuk berada dalam situasi sosial. Kamu bisa keluar dari ruang nyamanmu dengan bertemu dengan orang-orang dari berbagai komunitas  ataupun ikut tergabung dalam sukarelawan. Tak perlu langsung terjun ke dalam platform besar, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti kegiatan kerja bakti di komplek perumahan atau kelompok remaja masjid di lingkungan sekitarmu.

5. Lawan Ketakutanmu

Ilustrasi Lawan Takut. (Special)

 

Tak selamanya kamu akan berteman dengan rasa takut dalam dirimu dan terus menjadi makhluk penyendiri. Oleh sebab itu, kamu pun harus berani mengambil langkah untuk berhadapan dengan berbagai situasi sosial baik untuk hari ini maupun jangka panjang. Semakin kamu menghindar dari situasi sosial maka akan semakin besar rasa takutmu. Kamu bisa melakukannya dengan perlahan dan memberanikan dirimu untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial.

 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel