1. Health
  2. 5 Cara Atasi Mual Pada Ibu Hamil Tanpa Modal yang Wajib Kamu Tahu!
Health

5 Cara Atasi Mual Pada Ibu Hamil Tanpa Modal yang Wajib Kamu Tahu!

5 Cara Atasi Mual Pada Ibu Hamil Tanpa Modal yang Wajib Kamu Tahu!

Ilustrasi Ibu Hamil yang Mual. (iStock)

Ladiestory.id - Kehamilan merupakan sebuah momen luar biasa yang dihadapi setiap calon ibu. Sayangnya, pada masa ini ibu juga akan mengalami rasa mual yang cukup mengganggu. Namun, tahukah kamu cara atasi mual pada ibu hamil yang tepat?

Jika belum, kamu tak perlu khawatir karena pada artikel kali ini telah dirangkum lengkap dari parents.com mengenai cara terbaik untuk mengatasinya. Jadi, pastikan kamu menyimaknya sampai akhir ya!

Mual merupakan hal yang umum terjadi pada wanita hamil. Hal ini biasanya terjadi pada pagi hari dan bisa berulang dalam interval berbeda-beda. 

Umumnya, masalah mual ketika hamil akan dimulai setelah enam minggu dan mengalami puncaknya sekitar minggu kedepan atau ke sembilan. Jika kamu atau pasanganmu tengah mengalami masalah ini tidak perlu panik. 

Inilah waktu yang tepat untuk kamu menyimak pembahasannya dan mengetahui cara mengatasinya tanpa mengeluarkan banyak modal. Jadi, jangan kemana-mana ya!

Ambil Waktu Beristirahat

Cara Atasi Sakit Pinggang pada Ibu Hamil (Special)

 

Hal paling mudah dan pertama yang bisa dilakukan ketika rasa mual melanda adalah dengan beristirahat yang cukup. Ketika mengalami masa ini kamu perlu mengurangi keinginan untuk terus bergerak dan menyeret diri keluar dari tempat tidur. 

Kamu perlu untuk mulai mengambil waktu beristirahat. Jika diperlukan surat izin untuk kantor, mintalah bantuan pada dokter kandungan yang menangani mu untuk memberikan surat izin. Sehingga, kamu bisa beristirahat di waktu cuti sakit dengan lebih tenang. 

Disarankan, ketika mengalami kehamilan kamu mengambil waktu libur selama minggu ketujuh maupun kedepan. Sebab, pada momen ini rasa mual akan mengalami puncaknya. Sehingga, waktu ini bisa menjadi masa yang tepat untuk memulihkan diri secara mental maupun fisik. 

Hirup Aroma yang Segar

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Cara atasi mual pada ibu hamil tanpa modal yang berikutnya adalah dengan menghirup roa segar. Ketika memasuki masa kehamilan, kerap kali indera penciuman menjadi sangat sensitif. 

Alhasil, kamu merasa tidak cocok dengan beberapa aroma tersebut. Nah, jika kamu mengalaminya segera hindari bau tersebut dan temukan aroma-aroma yang menyegarkan seperti jeruk atau lavender untuk  menenangkan. 

Cara ini bisa kamu lakukan dengan senantiasa membawa sebotol kecil aromatherapy kesukaanmu. Sehingga, ketika dimanapun kamu berada dan menemukan aroma tidak sedap. Maka, kamu bisa segera mengatasinya dengan menghirup botol aromatherapy

Selalu Terhidrasi dengan Baik 

Ilustrasi Ibu Hamil Minum Air Putih. (iStock)

 

Kamu mungkin sudah sering mendengar seseorang perlu dua liter air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Nah, ternyata hal ini juga berlaku pada ibu hamil. Namun, kadarnya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing calon ibu. 

Apalagi, jika pada masa kehamilan kamu kerap mengalami mual. Maka, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika kamu tidak bisa meminum air mineral karena menambah keinginan untuk mual.

Maka, kamu bisa mencoba minuman dingin atau panas sesuai dengan anjuran dokter kandungan. Sehingga, asupan cairan tubuh tetap terjaga dan kamu pun terhindar dari rasa mual. 

Lacak Kebiasaan Mual

Ilustrasi Ibu Hamil. (Special)

 

Hal yang tak boleh ketinggalan berikutnya yaitu melacak kebiasaan mual. Cara ini bisa membantumu menidnrnetiikasi langkah yang perlu dihindari. Sehingga, kedepannya kamu tidak akan kerepotan untuk mengatasinya.

Coba cek kembali pada waktu apa biasanya kamu akan merasakan mual? Apakah, saat sore hari ketika menghirup aroma masakan? Jika iya, maka kamu bisa mengambil langkah untuk menghindarinya. Mudah, bukan?

Cobalah Berbaring

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

 

Cara atasi mual pada ibu hamil tanpa modal yang terakhir adalah dengan berbaring. Hal ini mungkin terdengar sangat mudah bukan?

Nah, siapa yang menyangka bahwa hal mudah semacam ini bisa membantumu mencegah rasa mual. Kamu bisa mencobanya dengan berbaring sambil memejamkan mata. Kemudian, tarik nafas dalam-dalam beberapa kali dan biarkan tubuh menjadi rileks. 

Pastikan kamu berada di ruangan yang terang untuk membuat tubuh senantiasa rileks dan bisa mengembalikan kondisi supaya sehat. Jika ruangan terlalu terang, bisa gunakan penutup mata atau kacamata hitam untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel