1. Mom & Kids
  2. 5 Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Perlu Dipahami dan Diamalkan
Mom & Kids

5 Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Perlu Dipahami dan Diamalkan

5 Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Perlu Dipahami dan Diamalkan

Foto: id.theasiaparent.com

Ladiestory.id - Sejak kecil hingga dewasa, orang tua menjadi salah satu orang terdekat kita yang selalu ada. Mereka selalu ada untuk mencurahkan kasih sayang, membesarkan kita, merawat kita, memberikan kita hidup yang layak, pendidikan terbaik, dan masih banyak lagi. Sungguh besar jasa kedua orang tua kepada kita. Sehingga jikapun seorang anak ingin membalas seluruh budi baik kedua orang tuanya tidak akan mampu.

Namun kamu bisa melakukan amalan terbaik kepada orang tua dengan selalu berbakti kepada mereka. Selama berbakti bukan untuk melakukan maksiat. Salah satu cara berbakti yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu mendoakan mereka dimanapun dan kapanpun.

5 Bacaan Doa untuk Orang Tua

 

Foto: priangan timur news

Bacaan doa untuk orang tua ini tidak hanya dibaca bagi anak-anak yang sudah berusia dewasa saja. Namun sebaiknya bisa diajarkan bagi kamu yang sudah memiliki putra-putri kecil. Tanamkan kebiasaan pada anak-anak agar membaca doa untuk orang tua setelah sholat. Untuk bacaan doa untuk orang adalah sebagai berikut:

1. Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup

Doa orang tua atau doa ibu bapak yang berikut ini bisa kamu bacakan saat keduanya masih hidup dan dalam keadaan sehat. Kamu bisa memanjatkan doa ini setiap hari setelah selesai sholat.

 

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shoghiroon.

 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah diriku dan kedua orang tuaku. Serta sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

2. Doa untuk Orang Tua yang Sakit

Ketika ada salah satu atau kedua orang tua kita yang mengalami sakit, maka sebagai anak wajib untuk mendoakan kesembuhannya. Kamu bisa memanjatkan doa kepada Allah SWT dengan membacakan doa berikut.

Allahumma robbannaasi adzhibil basa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifa uka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkaulah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tiada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

3. Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit Parah

Membacakan doa untuk orang tua ketika mengalami sakit parah bisa menjadi salah satu cara untuk berinteraksi dengan Allah. Dengan membacakan doa, kita bisa meminta kesembuhan bagi orang tua.

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khoirulli.

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia jika itu yang terbaik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

4. Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Salah satu amal jariyah yang tidak pernah terputus adalah doa seorang anak kepada orang tuanya yang sudah meninggal. Sehingga misalkan kedua orang tuamu sudah tiada, kamu jangan sampai putus untuk mendoakannya. Panjatkanlah doa kepada Allah SWT agar kedua orang tua yang sudah tiada bisa diampuni dosa-dosanya dan dilapangkan jalannya.

Allahummaghfir lahu warhamhu wa aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbardi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minaddanas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzaabil qobri wa fitnatihi wa min adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik dibandingkan rumah yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

5. Doa untuk Kedua Orang Tua dan Saudaranya

Untuk bacaan doanya sebagai berikut.

Allahummaghfirlii, waliwalidayya, warhamhuma, kama robbayani shagiiroo. Wali jami’il muslimina, wal amwaati, wal muslimaati, wal mu’minin, wal mu’minaat, al ahyaai minhum. Wataabi’ bainana, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirurroohimiina, walaa quwwata, illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas seluruh dosa-dosaku dan seluruh dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau mengasihiku ketika masih kecil. Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman baik laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan-kebaikan-Mu. Ya Allah berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Dengan kita mendoakan kedua orang tua, tidak hanya sebagai wujud bakti saja. Namun lebih dari itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Mulai dari manfaat bisa dibukakan pintu surga, menghilangkan berbagai kesulitan dam masalah di bumi, melancarkan rezeki, sebagai amalan yang baik, serta sumber ridha dan murkanya Allah SWT mengingat apa yang kita lakukan juga bergantung dari ridha orang tua. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu ya, Ladies.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel