1. Health
  2. 4 Jenis Penyakit Mata yang Harus Kamu Waspadai
Health

4 Jenis Penyakit Mata yang Harus Kamu Waspadai

4 Jenis Penyakit Mata yang Harus Kamu Waspadai

Ilustrasi sakit mata. (Special)

Ladiestory.id - Sakit mata dapat memunculkan beragam keluhan yang mengganggu, seperti mata merah, gatal, nyeri, sampai gangguan penglihatan. Tak hanya itu, berapa jenis sakit mata bisa menular melewati kontak fisik, namun beberapa lainnya tidak menular, sehingga penderitanya bisa tetap berkegiatan selama penglihatannya masih berguna dengan baik.

Sebagian faktor yang menyebabkan terjadinya sakit mata antara lain polusi udara yang makin meningkat, debu, asap kendaraan, asap rokok, kebiasaan buruk, infeksi jamur, virus, dan bakteri.

Berikut Ladiestory.id akan beri tahu jenis-jenis penyakit mata.

Refraksi

Ilustrasi penglihatan buram. (Special)

Jenis penyakit mata yang pertama adalah refraksi atau pada bahasa medis disebut ametropia. Refraksi adalah keadaan ketika bayangan yang ada pada retina mata tidak tajam ataupun tegas. Hal ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Kelainan refraksi bisa dibagi menjadi empat, yaitu Miopia (rabun jauh), Hipermetropia (rabun dekat), Presbiopia (mata tua), dan Astigmatisme (mata silinder)

Kelainan refraksi bisa disebabkan karena cacat/gangguan pada kelengkungan organ mata, yaitu kornea dan lensa. Bila Kamu mempunyai orang tua dan saudara yang mengalami kelainan refraksi, maka kemungkinan besar Kamu juga akan mengalaminya.

Katarak

Ilustrasi penyakit katarak. (Special)

Katarak adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan berkurang hingga mengalami kebutaan. Penyakit ini dapat mengganggu beragam kegiatan sebab mata tidak dapat menengok dengan baik dan lebih parah pada malam hari. Katarak kerap berkembang mengikuti waktu dan dapat terjadi sedari kecil.

Katarak dapat timbul dengan beragam alasan termasuk keadaan cacat bawaan sejak lahir. Usia juga memberikan pengaruh yang amat besar.

Konjungtivitis

Jenis penyakit mata ketiga ini lebih diketahui dengan panggilan 'pink eye'. Konjungtivitis adalah penyakit yang paling biasa terjadi. Hal ini terjadi saat jaringan yang jelas pada atas area putih mata mengalami radang.

Penyakit ini menjadikan mata kamu memiliki warna merah muda juga gatal, maupun berair. Kelopak mata pun mungkin akan menutup sedikit sehingga dapat menjadikan pandangan kabur.

Konjungtivitis ini dapat menular. Oleh sebab itu, rajin mencuci tangan dan tidak berbagi handuk maupun bantal dengan orang lain. Umumnya, penyakit ini sembuh pada waktu 10 hari.

Glukoma

Glukoma merupakan keadaan penyakit mata yang mengakibatkan mata tidak dapat melihat dalam jangka waktu tertentu. Penyakit ini dapat disebabkan sebab keadaan penyakit mata tertentu yang menyerang di area saraf optik mata. Tekanan yang terlalu tinggi pada bagian mata dapat mengakibatkan penyakit ini timbul. Terdapat dua jenis glukoma yakni glukoma sudut terbuka dan glukoma sudut tertutup.

Perawatan dapat dilakukan sesuai dengan jenis glukoma tetapi umumnya perawatan hanya guna mengendalikan supaya tidak menjadi lebih buruk.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel