1. Lifestyle
  2. 3 Cara Menghemat Budget Lifestyle, Agar Tetap Bisa Menabung Secara Rutin Setiap Bulannya
Lifestyle

3 Cara Menghemat Budget Lifestyle, Agar Tetap Bisa Menabung Secara Rutin Setiap Bulannya

3  Cara Menghemat Budget Lifestyle, Agar Tetap Bisa Menabung Secara Rutin Setiap Bulannya

Untuk Kamu yang sulit menabung, sebenarnya banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghemat budget pengeluaran Kamu setiap bulannya. Zaman sekarang, menabung untuk tujuan keuangan saja enggak cukup. Kamu juga pasti sudah sering mendengar nasehat serta mempraktekkan menabung sejak kecil. Coba lihat keadaanmu sekarang, apakah kebiasaan menabung itu masih Kamu lakukan? Apalagi mengambil uang didalam tabungan hanya untuk pengeluarangaya hidup (lifestyle).

Pengeluaran lifestyle yang dimaksud adalah pengeluaran bukan untuk sandang-pangan-papan dan apabila Kamu tidak mengkonsumsinya,hidupmu akan baik-baik saja. Contohnya, makan direstoran mewah atau hotel berbintang, liburan, keanggotaan pusat kebugaran, perawatan kecantikan di salon, membeli gadget terkini dan lainnya.

Sebenarnya pengeluaran yang diperbolehkan sebesar 20% dari penghasilan setiap bulannya untuk kebutuhan lifestyle. Bagi Kamu yang masih lajang, gaya hidup merupakan godaan terbesar yang bisa mengakibatkan keuangan bocor ambyar.

3 Tips Keuangan Yang Bisa Kamu Lakukan:

Mempertahankan Lifestyle Saat Ini

Sumber Foto: dbpost.com

Mempunyai penghasilan yang besar bukan berarti Kamu harus mengubah gaya hidup saat ini menjadi gaya hidup konsumtif. Dengan menjalani gaya hidup standar sama seperti sebelum Kamu mengalami kenaikan gaji akan memberikan keleluasaan dalam menabung dan mewujudkan tujuan keuangan yang Kamu miliki.

Alokasi Penghasilan Untuk Tujuan Keuangan

Sumber Foto: Binus University

Sebaiknya Kamu mulai membuat perencanaan keuangan seiring peningkatan finansial. Kalau sebelumnya Kamu sudah melakukan hal ini, tentunya akan mudah untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Biasakan saat mengalami kenaikan gaji, Kamu pisahkan untuk ditabung atau diinvestasikan ke dalam tujuan keuangan yang Kamu miliki. Siapa tahu dengan disiplin melakukan penyelamatan uang penghasilan yang dialokasikan untuk tujuan finansial, tujuanmu akan lebih cepat tercapai.

Tahan Godaan

Sumber Foto: Smart Money

Seharusnya kenaikan penghasilan berdampak pada kenaikan jumlah tabungan dan bukannya peningkatan pengeluaran yang hanya mengikuti nafsu dan keinginan semata. Menahan diri untuk tidak boros berbelanja barang atau jasa yang tidak dperlukan memang bukan perkara mudah. Ketakutan atas penilaian orang seperti ketinggalan zaman, tidak gaul, cupu dan gengsi menyebabkan Kamu mau tidak mau mengikuti arus.

Keluhan pendapatan tidak pernah mencukupi kebutuhan lebih banyak disebabkan pleh gaya hidup yang terlalu tinggi dari penghasilanmu. Kebanyakan orang terlalu percaya diri bisa membeli barang yang sejatinya belum pantas dan belum mampu untuk dia miliki. Menabung ini tidak secara otomatis menjadi kebiasaan setiap orang. Perlu perjuangan banget, untuk bisa mulai punya kebiasaan menabung sejak dini sebagai investasi dimasa mendatang.

Kebiasaan menabung adalah hal yang baik tidak hanya untuk saat ini tapi juga penting untuk dilakukan dalam jangka panjang. Dengan membangun kebiasaan keuangan yang baik, niscaya Kamu akan dapat mempertahankan kemampuan hidup dimasa mendatang dan dengan keuangan yang kuat Kamu akan mampu menolong lebih banyak lagi orang dekat (keluarga/saudara) yang membutuhkan

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel