1. Travel
  2. 13 Makanan Khas Jogja yang Terkenal dan Enak
Travel

13 Makanan Khas Jogja yang Terkenal dan Enak

13 Makanan Khas Jogja yang Terkenal dan Enak

Foto: Makanan khas Jogja, Gudeg (spesial)

Ladiestory.id-Jogja bukan hanya kaya akan tempat wisata, tapi kota ini juga menyimpan ragam kuliner khas yang terkenal dan pastinya enak. Nah, buat kamu yang berkunjung ke Jogja, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi ragam makanan khas Jogja yang sudah pasti enak dan lezat.

Makanan Khas Jogja

Inilah makanan khas Jogja yang wajib kamu cicipi saat travelling kesana

1. Gudeg

Foto: Makanan khas Jogja, Gudeg (spesial)

Gudeg adalah hidangan khas Jogja yang sudah tidak asing lagi ditelinga para wisatawan. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama santan, rasanya gurih dan manis, menjadikan gudeg digemari oleh banyak orang.

2. Sate Klatak

Seperti sate kambing, kuliner khas Jogja yang satu ini pun terbuat dari potongan daging kambing muda. Hanya saja, sate klatak menggunakan jeruji bukan batang bambu.

3. Bakpia Pathok

Belum lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Jogja pulang tidak membawa bakpia pathok sebagai oleh olehnya. Kuliner tradisional ini telah tersohor lantaran rasanya yang gurih dan enak yang dari kacang hijau.

4. Sate Kelinci

Foto: Makanan khas jogja, sate kelinci (spesial)

Selain sate klatak, Jogja juga terkenal dengan sate kelincinya. Daging kelinci yang telah dipotong kecil lalu ditusuk dengan menggunakan sebatang lidi baru dibakar di atas bara api. 

5. Nasi Tiwul

Nasi tiwul konon pernah dijadikan  makanan pokok oleh masyarakat Gunung Kidul. Untuk saat ini, keberadaan nasi tiwul selalu jadi incaran wisatawan ketika berada di Jogja.

6. Belalang Goreng

Bila kamu ingin merasakan pengalaman baru yang unik di Jogja, cobalah untuk mencicipi belalang goreng. Mungkin terdengar geli ya, tapi tidak ada yang menyangka makanan ini mengandung banyak nutrisi.

7. Mangut Lele

Foto: Makanan khas Jogja, Mangut lele (spesial)

Dari penampilannya saja, mangut lele membuat siapa saja ngiler. Apalagi dengan rasanya yang berasal dari bumbu khas dan aroma asapnya yang begitu kuat.

8. Entok Slenget

Entok slenget adalah salah satu hidangan khas Jogja dengan bahan utama dari daging entok yang dimasak seperti layaknya semur lengkap dengan cabai. Perpaduan rasanya yang begitu lengkap akan melebur menjadi satu di dalam mulut.

9. Tengkleng Gajah

Bila dilihat dari namanya, bukan berarti tengklengnya berasal dari daging gajah ya, tapi berasal dari daging kambing dalam porsi besar. Biasanya tengkleng gajah disajikan dalam bentuk tengkleng tongseng atau tengkleng goreng.

10. Kue Adrem

Foto: Makanan khas Jogja, kue adrem (spesial)

Kue adrem biasa dijumpai di daerah pesisir pantai selatan. Rasanya yang  legit dan gurih ternyata berasal dari bahan utamanya yakni tepung beras dan gula jawa merah.

 11. Sego Abang Jirak

Hidangan tradisional asal Jogja ini terdiri dari nasi merah yang disajikan bersama dengan sayur lombok ijo. Lengkapnya menu yang dihidangkan, membuat makanan ini terlihat  sangat sehat.

 12. Soto Lenthok

Soto lenthok menjadi makanan khas Jogja yang cukup unik. Di didalam kuahnya terdapat lauk lenthok, yang mana semacam perkedel dari singkong.

13. Geplak

Foto: Makanan khas Jogja, geplak (spesial)

Makanan khas Jogja yang satu ini sudah dikenal selama puluhan tahun, kehadiran geplak selalu jadi momok yang menyenangkan. Bagaimana tidak, makanan khas Jogja dengan bentuk bulat ini memiliki rasa yang sangat lezat dan manis.

Itulah 13 makanan khas Jogja yang terkenal dan enak. Jangan lupa bila kamu travelling ke JOgja, sempatkan untuk mencicipinya. 

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel